Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Santan Bang Ali, Gurih dan Segar

Kompas.com - 10/05/2011, 08:51 WIB

KOMPAS.com — Setiap kota di Indonesia memang mempunyai ciri khas soto masing-masing. Dari yang berkuah bening sampai yang berkuah santan, ada semua. Bahkan, ada juga yang menggunakan tauco sebagai campuran di kuahnya. Jakarta terkenal dengan soto betawinya yang juga menggunakan santan, seperti Soto H. Darwasa. Nah, Bogor juga punya soto yang menggunakan santan, ini juga andalan soto dari kota Bogor. Namanya adalah Soto Santan Bang Ali.

Soto santan adalah soto yang berisi irisan daging sapi dan jeroan sapi, kemudian kuah kaldunya dimasak dengan santan dan juga bahan-bahan lain, seperti bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, dan bumbu rempah lainnya. Kuahnya berwarna kuning kecoklatan dan beraroma sangat harum. Dan, sebagai pelengkapnya diberi bawang merah goreng dan irisan daun bawang.

Nama pemilik kedai ini adalah Bapak Ali Arifin. Itulah sebabnya kedai ini diberi nama Kedai Soto Bang Ali. Kedai soto ini sudah cukup lama berjualan di Jalan Pemuda, yaitu sejak tahun 1975. Dekat dengan GOR Pajajaran, tidak jauh setelah pabrik ban Good Year. Kedai Pak Ali berukuran kecil dan sangat sederhana. Kita harus sedikit bersabar untuk menunggu pesanan kita sampai. Maklum saja karena di sini ramai sekali.

Soto Bang Ali berisi lumayan komplet, mulai dari daging hingga jeroan, seperti kikil, usus, hati, babat, paru goreng, lidah, jantung, dan otak. Semuanya digoreng, jadi rasanya lebih gurih. Kecuali babat, karena babat menjadi keras kalau digoreng. Tapi kita bisa pilih kok, mau pakai daging saja atau dicampur. Kalau saya hanya pilih isi daging dan paru goreng saja.

Rasa kuah di soto Bang Ali ini juga sangat khas lho. Selain rasa santan, ada rasa asamnya juga. Ternyata rasa asam berasal dari belimbing wuluh atau belimbing sayur. Pantas saja rasanya jadi terasa lebih segar. Enak banget rasa soto santan Bang Ali ini. Terlebih lagi karena rasa santannya yang tidak terlalu kental tadi, malah membuat rasa kuahnya jadi lebih enak menurut saya. Tidak enek karena kebanyakan santan. Gurih, segar, plus wangi aroma kaldu yang bercampur dengan rempah-rempah ini amat menggiurkan. Dagingnya empuk pula. Paru gorengnya juga tidak alot. Enak banget, mantap rasanya.

Anda harus mencobanya nih kalau datang ke Bogor, karena ini enak banget he-he.... Sepiring soto santan dihargai Rp 21.000. Yup, sepiring, karena Bang Ali menyajikan sotonya dengan menggunakan piring, bukan mangkuk. Selamat mencoba kenikmatan Soto Santan Bang Ali. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com