Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo dan Keajaiban Sesungguhnya

Kompas.com - 10/05/2011, 09:25 WIB

KOMPAS.com — Tak perlu menunggu pengakuan siapa pun untuk menyatakan Taman Nasional Pulau Komodo adalah keajaiban alam dunia. Orang hanya perlu pergi ke sana dan menjadi saksi bahwa keajaiban sudah terbentang di depan mata, jauh sebelum kita menginjak pantai pulau-pulaunya.

Perjalanan laut dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menuju kawasan taman nasional ini, 18-19 April 2011, membuktikan itu.

Laut yang membiru dengan barisan pulau-pulau kecil, bagian dari Kepulauan Sunda Kecil, dengan padang-padang rumput menghijau menjadi pengingat bahwa Indonesia adalah negeri bahari yang sangat indah.

Namun, semua itu hanya menjadi sebagian kecil dari keajaiban alam yang bisa dijumpai di situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Keajaiban lainnya adalah kekayaan fauna, baik yang berada di laut maupun di darat.

Terdapat setidaknya 277 spesies fauna darat—termasuk bintang utamanya, komodo (Varanus komodoensis)—253 spesies karang pembentuk terumbu, dan tak kurang dari 1.000 spesies ikan di wilayah seluas 1.817 kilometer persegi itu.

Taman Nasional Pulau Komodo adalah keajaiban dunia yang sesungguhnya. (Julian Sihombing)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com