Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabang Butuh Investor Hotel Mewah

Kompas.com - 12/05/2011, 16:32 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pihak Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) berharap adanya investasi bidang perhotelan mewah di daerah tujuan wisata (DTW) Kota Sabang, Provinsi Aceh.

"Sudah saatnya di Kota Sabang itu memiliki sebuah hotel mewah dengan kapasitas kamar antara 300-500 unit dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung lainnya," kata Sekretaris PHRI Aceh Zulfikar di Banda Aceh. Pentingnya kehadiran sebuah hotel mewah itu, katanya menambahkan juga untuk memberikan dukungan jika Sabang digelar sebuah pertemuan berskala nasional dan internasional.

Sabang memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan kawasan wisata di Indonesia, selain Pulau Dewata Bali. "Bukan berarti menyamakan Sabang dengan Bali, tapi potensi wisata Sabang cukup mendukung untuk menarik minat kunjungan turis," kata Zulfikar.

Sebab, selama ini banyak kendala ketika wisatawan "berkantong tebal" berwisata ke Sabang dikarenakan tidak adanya penginapan yang representatif bagi mereka. Beberapa objek wisata yang terkenal di Sabang, seperti keindahan alam bawah laut di kawasan Iboih dann Gapang.

Sabang sebagai daerah tujuan wisata nasional dan berjarak sekitar 14 mil laut dari pesisir Kota Banda Aceh itu. Untuk penyeberangan Banda Aceh-Sabang, didukung tiga unit kapal yang setiap hari melayani penumpang dari dan ke Sabang.

"Saya melihat dukungan masyarakat Sabang sangat besar untuk memajukan sektor pariwisata di daerahnya. Masyarakat Sabang sudah mengetahui manfaat besar dari sektor pariwisata," kata dia menjelaskan.

Untuk sarana pendukung lainnya, seperti jalan raya menuju sejumlah objek wisata di Sabang tidak menjadi masalah, sebab kondisinya sudah cukup baik yang dibangun dalam beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com