Ada Wayang Wong di Tejakula

Kompas.com - 14/05/2011, 10:38 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Usai menikmati air terjun Gitgit, jika Anda masih berada di Kabupaten Buleleng, Bali, tak salah kalau meluangkan ke tempat-tempat menarik dan unik di sekitar Desa Tejakula, yang memberikan pencerahan. Wajar karena dalam bahasa setempat, Teja berarti cahaya, dan Kula berarti manusia. Jadi Tejakula, artinya cahaya yang menerangi manusia.

Selain itu, juga dapat menyaksikan pertujukan seni sakral wayang wong Tejakula, yang antara lain menampilkan cerita epik Ramayana.

Ada dua pilihan, tur singkat atau tur panjang. Tur berdurasi singkat, sekitar sejam, membawa berkunjung ke tempat kerajinan tangan seperti perak dan lukisan, atau mengunjungi pura dan pasar tradisional, serta kerajinan tradisional pande dan cok, juga minuman tradisional arak Bali.

Pilihan lainnya, berkunjung ke rumah Ibu Luh Menek, penari tradisional yang terkenal di Bali dan mancanegara. Selain menyaksikan gemulai gerakan tarian Truna Jaya dan Palawakya yang dibawakan Ibu Luh Menek, juga dapat mempelajari tari tradisional Bali.

Tur panjang menawarkan lebih banyak pilihan dalam durasi lama, dari melihat pembuatan dodol, gula merah, juga seni pahat dan patung, serta menyaksikan keindahan air terjun Yeh Mampeh setinggi 40 meter dalam kungkungan pohon rambutan.

Lainnya, tur mendaki Gunung Tejakula atau menempuh pemandian Air Sanih, berlokasi 13 kilometer dari perkampungan Tejakula, tak jauh dari Pura Ponjok Batu yang diapit pantai.

Tak kalah indah, pertunjukan seni dari wayang wong, tari joged, wayang kulit, dan tari genjek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.