Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tapel, Si Kue Jadul dari Cirebon

Kompas.com - 20/05/2011, 09:06 WIB

KOMPAS.com — Pernah dengar soal kue tapel? Ini adalah kue jadul khas Cirebon yang sudah sulit dicari. Dulu sewaktu saya masih tinggal di Cirebon, ibu saya sering membelikan kue ini setiap kali beliau membeli nasi lengko yang ada di Jalan Pagongan. Dalam kesempatan berkunjung ke Cirebon kali ini, saya menyempatkan mampir ke Gang Alas Demang, Pagongan, untuk mencari kue tapel ini.

Kangen banget makan kue tapel, mungkin ada lho 10 tahun saya tidak memakan kue ini. Padahal, dulu saya suka sekali dengan kue tapel. Menurut teman saya yang masih tinggal di Cirebon, kue ini masih ada di jalan tersebut. Makanya, saya tidak ragu untuk langsung menuju ke Jalan Pagongan.

Kue tapel ini terletak bersebelahan dengan nasi lengko Pak Sadi yang ada di Gang Alas Demang, Pagongan, Cirebon. Jadi tidak akan sulit mencarinya. Penjual kue tapel ini bernama Ibu Ninin, tetapi plang namanya bertuliskan Kue Tapel Ibu Lena... he-he-he—aneh memang. Beliau sudah berjualan sejak tahun 1959, sudah lama sekali, ya. Tempatnya memang sangat sederhana sekali, hanya menempati sebuah petak kecil, dan bu Ninin ini duduk di bawah sambil membuat kue tapel yang masih di masak dengan arang. Sangat... sangat sederhana.

Rasa kue tapel ini juga sederhana, terbuat dari adonan tepung beras yang diratakan di wajan hingga membentuk sebuah lingkaran, kemudian diberi pisang dan gula merah yang di penyet-penyet kemudian diratakan di atas adonan tadi. Ditutup sebentar sampai warna kulit adonannya berwarna kecoklatan, baru deh dilipat dan diangkat.

Sekarang kue tapel siap disantap, enaknya memang di makan dalam keadaan hangat. Yummyyy.... rasanya memang sederhana, hanya berisi pisang dan gula merah, tetapi kelezatan rasanya tidak sesederhana itu. Apalagi sudah lama sekali tidak makan kue ini, jadi terasa nikmat sekali. Kulit tepung beras yang crunchy itu berpadu enak dengan pisang dan manisnya gula merah. Enak ah pokoknya he-he-he....

Nah, kalau ke sini, Anda bisa sekalian mencoba nasi lengko dan sate kambing ala Pak Sadi, ini juga enak sekali.  Banyak kuliner yang bisa Anda coba jika berkunjung ke Kota Cirebon, seperti kue tapel dan nasi lengko ini. Selamat mencoba si kue tapel Cirebon. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com