Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TdS 2011 Akan Melibatkan Helikopter

Kompas.com - 01/06/2011, 18:52 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Satu unit helikopter akan dioperasikan pada saat Tour de Singkarak (TdS) 2011 di Sumatera Barat, untuk mengambil gambar dari udara bagi jurnalis televisi nasional yang bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

"Sudah ada kesepakatan untuk mengoperasikan satu unit helikopter saat TdS, guna mengambil momen dari udara bagi jurnalis televisi nasional pada titik tertentu nantinya," kata Kasubdit Promosi Wilayah Sumatra Kemenbudpar, Raseno Arya, seusai mengikuti rapat koordinasi terakhir persiapan TDS di Gubernuran Sumbar, Rabu (1/6/2011).

Raseno menjelaskan, penyediaan helikopter itu sudah disanggupi gubernur provinsi Sumbar, pada rapat di Jakarta beberapa waktu lalu, tentu pada pelaksanaannya nanti bisa terwujud.

Terkait keinginan jurnalis televisi nasional maupun mancanegara supaya momen-momen bagus seperti di Kelok 44 Kabupaten Agam, dan Danau Diatas dan Danau Bawah Kabupaten Solok, lebih baik pengabadikannya dari udara.

Menurut Raseno, jika ini bisa diwujudkan, jelas dampaknya semakin baik dan terlihat pesona keindahan alam Sumatera Barat dalam kegiatan internasional itu.

Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar menanggapi, dari panitia TdS pusat, penggunaan helikopter salah satu sarana yang harus disediakan. Jadi, upaya ini telah dibicarakan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar, dan diharapkan ada solusinya untuk pembiayaan satu unit helikopter yang akan dioperasikan itu.

Ali mengatakan, gambaran biaya operasional untuk satu unit helikopter, seperti milik Polda Sumbar senilai Rp 15 juta per jam, dan tentu harus ditetapkan mana saja titik-titik yang akan diambil dari udara tersebut.

TdS 2011 dilaksanakan pada 6-12 Juni 2011 diikuti 225 pebalap, di antaranya 10 tim dalam negeri dan 15 tim luar negeri diantaranya China, Belanda, Taiwan, dan Inggris.

TdS 2011 yang diselenggarakan memasuki tahun ketiga ini, akan menempuh VII etape dengan melintasi 12 kabupaten dan kota di provinsi itu. Etape pertama Padang, Etape kedua Padang - Pariaman, Etape tiga Pariaman - Bukittinggi, Etape empat Bukittinggi - Payakumbuh, Etape lima Payakumbuh - Sawahlunto, Etape enam A Sawahlunto - Pagaruyung, Etape enam Pagaruyung - Padangpanjang dan Etape tujuh Padang Panjang - Danau Singkarak.

Lintasan dan etape yang ditempuh pebalap sepeda TdS 2011 bertambah 262 kilometer dibandingkan tahun sebelumnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com