Personel TNI Ikut Benahi Lawang Sewu

Kompas.com - 10/06/2011, 11:32 WIB
EditorI Made Asdhiana

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengerahkan puluhan personel Batalyon Zeni Tempur Komando Daerah Militer IV/Diponegoro untuk membantu percepatan pembenahan obyek wisata religi Lawang Sewu, Semarang. "Bantuan tenaga ini merupakan bagian dari partisipasi Panglima Kodam IV dalam percepatan pembenahan Lawang Sewu," kata Gubernur ketika menginspeksi perbaikan Lawang Sewu Semarang, Jumat (10/6/2011).

Menurut Gubernur Jateng, para tentara ini diterjunkan untuk membenahi lingkungan di sekitar Lawang Sewu. Lawang Sewu rencananya akan diresmikan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono pada 5 Juli 2011.

Gubernur menuturkan, perbaikan Lawang Sewu sudah berlangsung cukup lama, namun berjalan lambat. "Oleh karena itu, diterjunkan tentara untuk ikut membantu percepatan perbaikan," katanya.

Lawang Sewu, lanjut Bibit, merupakan aset milik PT Kereta Api yang masih terawat baik. Aset peninggalan zaman kolonial Belanda ini akan menjadi salah satu obyek tujuan utama wisata Jawa Tengah, dalam rangka Tahun Kunjungan Wisata 2013. "Warisan budaya ini akan menjadi ikon wisata Kota Semarang, bahkan Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Tengah, Sri Bibit Waluyo, mengatakan, dalam pembukaan Lawang Sewu nanti juga akan digelar pameran berbagai potensi kabupaten/kota dan provinsi di Jawa Tengah. Pameran tersebut pada awalnya akan digelar pada 22-27 Juni 2011 sebelum peresmian oleh Ibu Negara. "Tapi akhirnya dilaksanakan 5-10 Juli, setelah diresmikan," katanya.

Sri menjelaskan, lantai pertama Lawang Sewu akan digunakan untuk pameran provinsi-provinsi se-Indonesia, sedangkan lantai kedua digunakan oleh kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, menambahkan, perbaikan Lawang Sewu ditargetkan selesai tujuh hari sebelum peresmian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.