Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Charlita, Wisata Baru di Nias

Kompas.com - 10/06/2011, 15:07 WIB

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com - Mencari obyek wisata pantai di Kota Gunungsitoli tidaklah susah. Di Gunungsitoli Utara ada pantai Charlita, sebuah kawasan wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat untuk melepas kepenatan atau sekadar memandang laut lepas dari bilik pondok yang berjejer menghadap samudra.

Berada di Desa Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara, sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Gunungsitoli, menjadikan obyek wisata ini mudah dijangkau. Menuju lokasi, kendaraan roda dua dan empat melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya.

Tapi ingat, bila sampai di persimpangan, Anda harus berbelok ke arah kanan menuju Pantai Charlita, sebab tidak jauh dari lokasi terdapat obyek wisata lain.

Nama Charlita sendiri diambil dari nama anak pertama sang pemilik obyek wisata ini yakni Charlita Zega atau lebih sering disingkat Carla Zega.

Obyek wisata yang berdiri tahun 2006 ini awalnya adalah sebuah kawasan tepi pantai yang sepi pengunjung. Namun setelah dikelola oleh Anita Yuniar Telaumbanua (37), tepi pantai yang semula sepi berubah menjadi kawasan yang setiap hari selalu ramai dikunjungi, baik masyarakat sekitar maupun dari daerah lain.

“Awalnya saya tidak tertarik menjalankan usaha ini. Tapi karena saya orangnya tidak bisa diam, apa usaha yang bisa saya lakukan akan saya kerjakan,” tutur Anita.

Pantai Charlita yang memiliki luas 8,5 hektar itu, menawarkan berbagai fasilitas, antara lain penginapan, Karaoke TV (KTV), hall badminton, aula, pondok, live music, restoran dan kolam renang. Tak perlu khawatir dengan waktu, karena 15 pekerja tetap dan 10 pekerja lepas yang siap melayani Anda 24 jam.

Untuk penginapan, tersedia 10 kamar yang bertarif  Rp 125.000 hingga Rp 250.000 per 24 jam. Bagi Anda yang hobbi bernyanyi,  berkaraoke bersama keluarga atau teman menjadi pilihan, karena tersedia 2 KTV dengan tarif Rp 80.000 per jam dengan kapasitas 6 orang dan Rp 50.000 untuk KTV yang berkapasitas 4 orang.

“Kalau live music hanya malam hari mulai pukul 8-11 malam,” ujar pemilik Charlita yang biasa dipanggil Ina Charlita Zega.

Disini juga ada 10 pondok, berkapasitas 4 hingga 10 orang. Masing-masing pondok juga diberi nama unik berupa nama bunga seperti mawar dan teratai. Begitu pula bila ingin membuat sebuah acara yang mengharuskan mengundang teman atau keluarga hingga ratusan orang juga jangan khawatir karena ada 2 aula berkapasitas 200 dan 300 orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com