Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samosir Andalkan Alam dan Budaya

Kompas.com - 10/06/2011, 15:09 WIB

SAMOSIR, KOMPAS.com - Bupati Samosir, Sumatera Utara, Mangindar Simbolon mengatakan potensi keindahan alam dan budaya yang dimiliki daerah itu merupakan andalan untuk meraup devisa dari sektor pariwisata. "Hasil analisa potensi dan kondisi untuk pengembangan ekonomi, lebih berpeluang didapatkan dari sektor pariwisata, bermodalkan alam, budaya, dan lingkungan," kata Mangindar di Pangururan, Jumat (10/6/2011).

Mangindar mengatakan Samosir merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang bervisi pariwisata sebagai sektor ekonomi. Dan hal tersebut sesuai visi Kabupaten Samosir dalam menjadikan daerah tujuan wisata lingkungan yang inovatif tahun 2015.

Untuk itu, lanjut Mangindar, pihaknya memasukkan pariwisata dalam muatan lokal sekolah serta telah mendirikan SMK pariwisata sejak tiga tahun lalu.

Menurut Mangindar, panorama alam yang indah Pulau Samosir dilengkapi budaya Batak yang unik. Jika ditinjau berdasarkan faktor lingkungan, daerah tersebut cocok bagi kegiatan olahraga paralayang dan olahraga air. Apalagi, Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba dengan kedalaman rata-rata 500 meter serta merupakan danau air tawar terluas di Asia Tenggara.

Selain itu, tambah Mangindar, wisata petualangan seperti cross country dan extreme trail-mania berskala internasional, juga sangat cocok dikembangkan, karena masyarakatnya telah dipersiapkan dalam menyongsong kabupaten bervisi pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com