Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Jamin Vaksin DBD Aman

Kompas.com - 11/06/2011, 09:04 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Meski dari tahun ke tahun angka kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) menunjukan penurunan, langkah pencegahan terus dilakukan pemerintah. Salah satunya adalah dengan melakukan uji coba vaksin Dengue di tiga kota yakni Jakarta, Bandung dan Bali.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, bahwa uji coba vaksin DBD tersebut telah diberikan ke sekitar 2.000 anak di tiga kota di Indonesia belum lama ini. Dan sampai saat ini sudah memasuki fase ketiga, yang juga dilangsungkan serentak di lima negara di ASEAN (Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Malaysia).

"Kalau soal amannya, tidak akan pernah bisa suatu vaksin itu dicobakan dalam fase tiga, kalau tidak terjamin keamanannya," tuturnya, saat di temui di Gedung Kementerian Kesehatan, Jumat, (10/6/2011) kemarin.

Menurut Menkes, tujuan dari uji coba vaksin DBD tersebut adalah untuk melihat apakah anak-anak yang diberi vaksin dengan yang tidak angka kejadian demam berdarahnya sama atau tidak. "Artinya ini vaksinnya mempunyai daya untuk melindungi atau tidak," imbuhnya.

Kabarnya, apabila vaksin tersebut terbukti efektif, maka dalam waktu lima tahun ke depan tepatnya tahun 2016, vaksin siap diedarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com