Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Atraksi Budaya Meriahkan FDS

Kompas.com - 21/06/2011, 21:42 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Berbagai atraksi budaya seperti nyanyian dan tarian tradisional khas Papua meramaikan Festival Danau Sentani (FDS) IV tahun 2011, pada hari ketiga, Selasa (21/6/2011). FDS digelar di Danau Sentani, Kalkote, Jayapura, 19 - 23 Juni mendatang.

Berdasarkan pantauan, Selasa, di lokasi FDS 2011 sejak pagi hingga lewat tengah hari, ribuan penonton yang mengunjungi pesta budaya akbar itu dihibur dengan tarian dan nyanyian tradisional Papua.

Selain itu, tampil pula paguyuban keluarga yang ada di Jayapura, seperti paguyuban Batak, Jawa, Madura, mengisi pertunjukan di hari ke-tiga FDS 2011. Tampak pula puluhan wisatawan asing ikut mengagadikan momen tarian dan nyanyian itu lewat kamera.

"Sungguh ini merupakan pertunjukan yang sangat bagus. Banyak kreasi budaya Papua khususnya Kabupaten Jayapura, yang selama ini belum diketahui, bisa muncul di FDS ini," kata salah seorang pengunjung, Boni Rahalus.

Boni yang juga Kepala Bagian Humas pada Kabupaten Asmat, Papua mengakui, dia dan keluarganya sengaja datang untuk menyaksikan FDS pada hari yang ketiga ini, karena ingin sekali melihat berbagai atraksi budaya yang ditampilkan. "Ternyata sejak pembukaan hingga hari ini, pengunjung tetap padat," kata dia.

Seorang pengunjung lainnya, Budiardus Alim mengatakan, FDS ini sangat baik dan menjadu ajang bagi para wisatawan asing dan mancanegara berkumpul.

"Sekaligus kami yang warga lokal ini, bisa mendapatkan hiburan dan menyaksikan atraksi yang tidak setiap hari bisa kita saksikan," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia FDS 2011, Anna Sawai menjelaskan, pesta budaya tahunan ini bertujuan mendukung program pemerintah di bidang kepariwisataan, melestarikan nilai-nilai budaya lokal untuk memperkaya khasanah budaya nasional Indonesia.

"FDS bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat asli Papua dan dikemas sedemikian rupa menjadi paket-paket budaya yang siap dijual kepada para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisata domestik," katanya.

Begitu pula, kata Anna, FDS akan memperkenalkan potensi budaya Papua khususnya potensi wisata Kabupaten Jayapura kepada para wisatawan, mendorong pengembangan objek-objek wisata dan mendorong pertumbuhan dan pengembangan investasi khususnya industri pariwisata. "Lebih dari itu, FDS bertujuan menjadikan Jayapura sebagai daerah tujuan wisata nasional yang andal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com