Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chandra: Sriwijaya Air Pilih Embraer

Kompas.com - 21/06/2011, 22:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan penerbangan Sriwijaya Air telah menandatangani perjanjian pembelian 20 pesawat jet Embraer 190 dengan hak izin pembelian lebih dari sepuluh pesawat. Pemesanan tersebut diumumkan pada Selasa (21/6/2011) di Paris Air Show ke-49. Nilai total dari perjanjian kesepakatan sesuai daftar harga adalah sebesar 856 juta dollar AS. Jika semua hak atas pembelian tersebut direalisasikan, akan mencapai 1,28 miliar dollar AS.

Paulo César de Souza e Silva, Presiden Penerbangan Komersial Embraer, mengatakan, hal ini merupakan sumbangsih yang sangat penting bagi kemampuan Embraer 190 untuk dapat beroperasi dalam lingkungan geografis yang beragam seperti Indonesia. "Penerbangan menjadi sarana yang semakin penting untuk menghubungkan bisnis utama dengan pusat pariwisata," kata Paulo.

Pesawat Embraer 190 Sriwijaya Air akan dilengkapi dengan 100 kursi dalam konfigurasi single-class.

CEO Sriwijaya Air Chandra Lie, dalam siaran persnya kepada Kompas.com, mengatakan, Sriwijaya memilih Embraer 190 karena sesuai dengan strategi untuk pengembangan pasar baru tanpa henti. "Sangat tidak ekonomis apabila menggunakan pesawat yang lebih besar," katanya.

Menurut Chandra, dengan Embraer 190 memungkinkan Sriwijaya menambah kapasitas, seperti mengembangkan rute, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada konsumen terbang ke seluruh Indonesia. "Jenis pesawat baru juga memungkinkan kita mengalokasikan pesawat jet yang berukuran lebih besar ke rute lain, yang lebih sesuai dengan kebutuhan rute tersebut," katanya. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com