Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Belanja di Lawang Sewu...

Kompas.com - 01/07/2011, 02:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung Lawang Sewu, Semarang akan dimeriahkan dengan Pameran Kriya Unggulan Nusantara pada 5-10 Juli 2011. Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerja sama dengan Pemda Provinsi Jawa Tengah dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan berbagai potensi kerajinan dari setiap daerah di tanah air. "Akan ada ruangan untuk kerajinan dari 33 provinsi. Juga ruangan khusus untuk Kabupaten Semarang. Pameran berlangsung mulai dari peresmian sampai selanjutnya jadi pameran permanen. Kami harapkan bisa dikelola masing-masing provinsi," kata Ketua Panitia Penyelenggara Pameran Kriya Unggulan Nusantara 2011, Okke Hatta Rajasa pada jumpa pers mengenai pameran tersebut di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (30/6/2011).

Pihaknya berharap dapat bersinergi dengan produk-produk pilihan dari berbagai daerah untuk bisa dibeli oleh wisatawan yang mampir ke Semarang. "Jadi Lawang Sewu dikenal sebagai pusat kriya, tidak hanya dikenal sebagai produk horor," katanya.

Memang, Lawang Sewu selama ini dikenal dengan keangkeran bangunan tersebut. Karena itu, pihak penyelenggara berharap dengan diadakan pameran kriya dapat menghidupkan Lawang Sewu. Serta meningkatkan citra Lawang Sewu khususnya, juga pariwisata Jawa Tengah.

Pameran Kriya Unggulan Nusantara memamerkan produk kerajinan unggulan dari seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, akan digelar demo kerajinan, penjualan langsung, kompetisi produk kerajinan, peragaan busana, dan pemberian penghargaan kreasi cipta karya.

"Kalau kita promosi kerajinan kita ke seluruh Indonesia dan semua orang Indonesia membeli produk kerajinan dalam negeri, saya kira perajin kita akan kelabakan juga. Untuk tahap sekarang, kita fokus ke domestik. Tapi tidak tertutup ke luar juga untuk produk-produk unggulan yang berkualitas dan desainnya diterima secara internasional," ungkap Trisna Wacik selaku Ketua Bidang Promosi dan Pariwisata untuk penyelenggaraan Pameran Kriya Unggulan Nusantara 2011.

Pameran didukung enam kementerian yaitu Kemendagri, Kemendustrian, Kemendag, Kemenbudpar, Kemenkop dan UKM, dan Kementerian BUMN. Juga didukung Dekranas Pusat dan Daerah, serta instansi lainnya.

Pelaksanaan pameran akan didahului dengan peresmian Purna Pugar Cagar Budaya Gedung A Lawang Sewu oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono selaku Pembina Dekranas, didampingi Herawati Boediono sebagai Ketua Umum pada Selasa (5/7/2011). Acara peresmian juga akan dimeriahkan oleh tari tradisional anak dari Kabupaten Wonogiri yang pernah memenangkan Festival Seni Tari Tingkat Nasional tahun 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com