Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adipura Kota Batik dari Pasar Rakyat

Kompas.com - 09/07/2011, 10:15 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Penganuegarahan Adipura 2011 untuk Kota Pekalongan tak luput dari keberhasilan revitalisasi pasar rakyat (tradisional) di Kota Batik tersebut

"Biasanya penilaian jeblok dari pasar tradisonal," kata Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad di Pasar Grogolan, Pekalongan, Sabtu (9/87/2011),

Dalam kesempatan perayaan Hari Pasar Bersih Nasional (HPBN) tersebut, Basyir mengatakan pihaknya merevitalisasi 11 pasar yang ada.

Pasar Grogolan, sebagaimana penjelasan Kepala Bidang Pasar dan PKL Disperindag Bambang Zabidi, adalah pasar sentra sayur mayur.

Revitalisasi ini bekerja sama dengan PT Bank Danamon Tbk melalui Yayasan Danamon Peduli (YDP).

Menurut Direktur Eksekutif YDP Bonaria Siahaan revitalisasi meliputi pengelolaan sampah pasar, perbaikan lapak pedagang, perbaikan saluran air, pendalaman drainase, penambahan kanopi, serta penempatan zoning los.

Pasar Grogolan luasnya 4 hektare dan menampung sekitar 1.000 pedagang. Pasar ini menjadi percontohan Program Pasar Sejahtera YDP.

Sementara itu, HPBN tahun ini merupakan penyelenggaraan kali keempat. HPBN pertama pada 19 Juli 2008 dilaksanakan di Pasar Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Sementara, HPBN kedua direalisasikan pada 18 Juli 2009. Sementara, HPBN ketiga berlangsung pada 2010 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com