Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Mutiara Lombok Hari Ini Terakhir

Kompas.com - 10/07/2011, 07:38 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Jika Anda sedang berada di Pulau Lombok, tak lengkap rasanya untuk tidak melihat-lihat atau pun membeli oleh-oleh berkelas khas pulau ini yaitu mutiara laut selatan. Apabila Anda tertarik, Anda bisa mendatangi pameran mutiara yang masuk dalam rangkaian kegiatan "Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011".

Hari ini, Minggu (10/7/2011) merupakan hari terakhir pameran yang digelar di di Hotel Grand Legi, Mataram. Sebanyak 25 eksibitor perusahaan mutiara dan perhiasan turut meramaikan acara ini. Beberapa di antaranya yakni Cendana Indopearl (Bali), Permata Bunda (Jakarta), Rosario Mutiara (NTT), Mekar Sari (Jakarta), Putra Kurnia (Mataram), dan Mollucas (Maluku).

Produk-produk yang ditawarkan dalam pameran ini pun beragam mulai dari butir mutiara hingga perhiasan dari mutiara seperti cincin, kalung, gelang, bros, hingga hiasan ruangan. Uniknya, Anda tidak hanya bisa melihat mutiara unik dari Lombok saja, tetapi melainkan dari seluruh Indonesia bahkan dunia seperti mutiara air tawar dari China atau pun mutiara hitam dari Tahiti.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH. M. Zainul Majdi, menyatakan bahwa Lombok dan Sumbawa kini berusaha meningkatkan sektor pariwisatanya. Salah satunya, adalah dengan menduniakan mutiara laut selatan khas Lombok yang berwarna emas atau perak.

"Kami sedang branding soal mutiara ini. Masih dicari branding yang tepat, agar saat orang ingat mutiara, mereka akan langsung teringat NTB dan langsung datang ke mari. Kami optimis sektor ini mampu mensejahterakan masyarakat NTB," tandas Majdi.

Oleh karena itu, Pemprov NTB pun kini tengah serius mempromosikan festival mutiara Lombok Sumbawa ini sebagai agenda tahunan daerah yang bertaraf internasional. Di dalam festival ini, tidak hanya ada pameran mutiara tetapi juga lelang mutiara yang diikuti oleh 25 buyer mutiara dari dalam maupun luar negeri. Tahun ini, lelang mutiara membukukan rekor baru nilai transaksi mencapai 96.000 dollar AS untuk 5,6 kilogram mutiara yang terjual. Jumlah ini dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang mencapai 45.000 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com