Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kembangkan Kota Kreatif

Kompas.com - 10/07/2011, 07:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menyiapkan sejumlah kota menjadi kota kreatif. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

"Pengembangan Kota Kreatif ini sudah tercantum pada Cetak Biru Ekonomi Kreatif, dan diharapkan dapat tercapai pada tahun 2014," ujar Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, dalam acara penutupan Konvensi Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011, di Jakarta, Sabtu (9/7/2011).

Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Bali akan menjadi kota yang dipersiapkan untuk menjadi Kota Kreatif. "Lebih jauh pemerinta bahkan ingin mengembangkan pemukiman sebagai pemukiman-pemukiman kreatif karena potensi Sumber Daya Manusia yang besar," tambahnya.

Sebagai upaya mewujudkan hal ini, Mari menekankan akan pentingnya kolaborasi dan jejaring para pelaku kreatif. Di mana ajang PPKI ini telah menjadi wadah bagi terciptanya kolaborasi tersebut. "Namun tentunya, ini perlu ditindaklanjuti oleh seluruh pemangku kepentingan dan juga pemerintah agar kolaborasi ini tidak berhenti sampai di sini," ujarnya.

Bersama dengan Walikota Solo Joko Widodo, Walikota Denpasar IB Rai D Mantra, dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Mari mengadakan dialog terkait pengembangan Kota Kreatif, sebelum melakukan penutupan ajang tahunan yang telah berlangsung selama empat hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com