Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepiting Lemburi Goreng, Memang Enak!

Kompas.com - 11/07/2011, 07:43 WIB

KOMPAS.com — Sore itu kami baru saja tiba di Solo, jam sudah menunjukkan pukul 18.15. Perut terasa lapar sekali setelah perjalanan menggunakan kereta dari Yogyakarta. Mana hujan pula, dingin dan perut kami benar-benar keroncongan. Setelah dijemput Budi, kami langsung mengajak dia untuk makan malam dan dia merekomendasikan Rumah Makan Canton.

Rumah makan yang menjual chinese food dan seafood ini berada di Jalan Gajah Mada 87, Solo. Tempatnya sih sederhana, tetapi cukup ramai, lho, disini. Ternyata ini adalah salah satu tempat favorit Budi di Solo. Menu favorit teman saya di sini adalah terong szechuan, hmm... terdengar sangat menarik. Menu-menu yang lain pun sangat menggiurkan. Nah, kebetulan sedang ada kepiting lemburi, makanya saya pesan kepiting lemburi yang digoreng kering. Kemudian, kami juga pesan ayam vietnam.

Rasa lapar saya pun semakin bertambah saat mencium aroma masakan itu datang ke meja kami, apalagi melihat kepiting lemburi yang digoreng kering, pasti enak ini he-he-he.... Krezzz... renyah banget bagian capitnya, dan karena ini digoreng tepung sehingga rasanya juga semakin gurih dan renyah. Wah, enak banget ini kepiting lemburinya. Kami bertiga sampai rebutan makan kepitingnya he-he-he....

Terong szechuan juga menjadi rebutan di antara kita bertiga, terong yang lembut bercampur dengan bumbu szechuan yang terasa pedas manis... asyik banget, enak disantap dengan nasi panas. Jujur saja ini pertama kalinya saya makan terong dimasak szechuan, ternyata rasanya hhmmm... enak tenan.

Menu ketiga kami adalah ayam vietnam, dan ternyata yang ini pun rasanya juga tidak kalah enaknya dengan dua menu tadi. Daging ayam fillet yang dipotong dadu ini digoreng terlebih dahulu, tapi tidak sampai kering, kemudian baru deh di masak dengan saos lada hitam dan bawang bombay. Ada rasa manisnya dan ada rasa pedas yang sangat khas yang berasal dari lada hitamnya.

Semua menu yang kami pesan rasanya enak-enak, mungkin yang lain juga sama enaknya. Next time kami mampir ke sini lagi ya karena saya masih penasaran dengan menu lainnya, seperti jamur lapis daging, sapi tibet, dan udang open garam. Terdengar sangat menarik kan menunya, he-he-he.... Ok deh, selamat mencoba masakan Canton. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com