Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Devino, Jelajahi Sumatera Dikepung Begal

Kompas.com - 15/07/2011, 14:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Devino Oktavianus mengaku sangat bersemangat mengikuti tur sepeda Gowes Jurnalistik: Pantau Jalur Mudik Jakarta-Surabaya 2011. Bahkan, saking antusiasnya, dia membatalkan turnya keliling Jawa Barat.

"Tadinya saya mau keliling Jawa Barat bersama teman-teman dari Lampung. Tapi, begitu ditawari ikut kegiatan ini, saya langung setuju. Padahal, saya sedang bersepeda di Anyer dan langsung balik ke Jakarta demi gowes ini," aku Devino kepada Kompas.com, Kamis (14/7/2011).

Devino mengaku tak terlalu sukses sebagap pembalap. Namun, dia tak pernah lepas dari sepeda. Bahkan, dia siap menjelajah ke berbagai daerah.

Pada 2008, Devino sengaja ingin ke Sabang, Aceh dari Jakarta. Dia melakukannya sendirian, sebagai nadar pada ulang tahunnya.

"Secara total, saya melakukannya selama 38 hari dari Jakarta ke Sabang. Tapi, sebenarnya bisa lebih singkat. Saya sengaja menikmati perjalanan, karena sering berhenti dan keliling dulu di beberapa daerah yang menarik," jelasnya.

Ia memang sudah berkeliling ke banyak daerah dengan sepeda. Namun, menurutnya, tur Jakarta ke Sabang pada 2008 paling berkesan.

"Saat memasuki hutan Tanggamus di Lampung Barat, saya mengalami hal aneh. Saat itu menjelang magrib. Tiba-tiba, ban belakang kempes," tuturnya.

Dia tak mungkin menggantinya karena alasan keamanan dan keburu gelap. Sebab, dia juga harus membongkar bawaannya dulu sebelum mengganti ban.

"Maka, untuk memburu waktu, saya hanya pompa ban itu. Setelah keras jalan lagi. Kempes dipompa lagi. Begitu seterusnya," katanya.

"Begitu sampai di kampung pertama, ban tak kempes lagi dan memang tak ada kebocoran. Ini aneh. Seolah ada yang menggoda," tambahnya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com