Eksotisme Senja di Pantai Senggigi

Kompas.com - 18/07/2011, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bisa dikatakan surganya wisata alam. Di tempat ini, banyak sekali kekayaan alam yang bisa dinikmati keindahannya mulai dari pegununungan, hutan tropis, hingga pantai-pantai nan eksotis yang terhampar di seluruh sisi pulau ini. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Senggigi, Lombok Barat.

Menghadap langsung ke arah laut Selat Lombok, Pantai Senggigi menjadi salah satu pusat wisata bahari di Pulau Lombok. Ombak lautnya yang tenang dan wilayah pesisir yang landai menjadi tempat menyenangkan untuk berenang sembari menikmati pemandangan Gunung Agung (Pulau Bali) yang tampak dari tempat ini. Datanglah kala senja mulai menghampiri, berbaring di atas pasir kecokelatan Senggigi sambil melihat matahari terbenam menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Udara segar ditambah pemandangan langit yang memberikan warna terindahnya perpaduan biru, oranye, putih, hingga kemerahan menambah eksotisme pantai ini. Tempat paling cocok menikmati matahari  terbenam adalah di pantai berupa tanjung dekat Senggigi Beach Hotel. Di sana, terdapat tangga-tangga sehingga bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati matahari yang mulai bersembunyi. Kawasan Malimbu juga bisa menjadi tempat melihat senja di Senggigi dari ketinggian.

Bisa juga mencari spot lain seperti di belakang Santosa Beach Hotel. Di tempat ini, cenderung lebih sepi daripada tanjung Senggigi Beach Hotel. Wisatawan juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang mulai memarkirkan perahunya di tepi pantai. Disediakan pula kursi-kursi kayu dan sebuah lapangan voli pantai.

Saat sore hari, anak-anak muda Lombok biasanya mulai berdatangan dari segala penjuru untuk berkumpul dan menikmati pemandangan matahari yang tenggelam sekitar pukul 18.30 WITA. Pada waktu itulah, posisi matahari tepat berada di tengah-tengah sehingga sinarnya memantul dengan sempurna di seluruh permukaan air laut Senggigi. Ditemani dengan jagung bakar hangat, anak-anak muda Lombok ini tampak larut dalam indahnya pemandangan pantai.

Meski terbilang merupakan kawasan turis yang sudah berkembang sangat pesat, pantai Senggigi masih cukup bersih. Pemandangan bawah lautanya juga disebut-sebut masih sangat indah. Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling di sini.

Tidak hanya pemandangan pantai yang menjadi daya tarik wilayah Senggigi, tetapi juga pusat-pusat hiburan yang tersebar di sepanjang jalan pantai ini hingga dini hari. Mulai dari cafe, restoran seafood, hingga tempat karaoke akan sangat mudah Anda temui.

Transportasi dan Penginapan di Senggigi

Pantai Senggigi terbilang cukup mudah dicapai karena merupakan kawasan wisata yang sudah berkembang di Lombok. Selain itu, jaraknya yang hanya sekitar 12 kilometer dari sebelah barat laut Mataram bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor sewaan. Untuk menyewa mobil beserta sopir tarifnya sekitar Rp 300.000 untuk perjalanan delapan jam. Sementara untuk sepeda motor yakni sekitar Rp 100.000. Alat transportasi lain yang bisa digunakan menuju Senggigi dari Mataram yakni taksi Blue Bird atau Express yang tarifnya bisa mencapai Rp 30.000-40.000.

Apabila Anda ingin menggunakan angkutan umum dari Mataram, akan sangat sulit. Pasalnya, di kota Mataram angkutan umum yang lebih banyak terlihat adalah taksi atau pun ojek. Kalau tetap ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa menaiki ojek sampai ke Ampenan. Dari sana, Anda bisa menaiki  bemo (semacam angkot) yang sudah tersedia dari pukul 06.00 dengan tarif Rp 1.500 sampai ke Senggigi.

Jika Anda berencana menginap di kawasan Senggigi banyak pilihan hotel yang bisa Anda tempati mulai dari hotel bintang lima seperti Hotel Sheraton Senggigi hingga hotel-hotel kelas melati dan pondokan yang banyak tersebar di kawasan ini. Untuk hotel-hotel kelas melati dan pondokan, tarif per malam yakni sekitar Rp 80.000-Rp 150.000 per malam.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X