Wow, Ada Tulang di Mangkok Bakso

Kompas.com - 20/07/2011, 07:35 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Sebutannya memang bakso. Namun saat mangkok bakso tersaji di depan mata, seonggok tulang menyapa. Inilah bakso balungan khas Demak. Balungan berarti tulang dalam bahasa Jawa.

Ciri khas bakso ini memang isian potongan tulang kerbau atau sapi yang masih berselimutkan daging. Jadi tidak hanya daging pulung alias bakso saja. Rasa kaldu pun menjadi semakin kuat. Tak perlu tambahan penyedap rasa pun, kaldu begitu bercita rasa. Bagaimana tidak, tulang sapi yang berada di dalam kuah makin menguatkan rasa sapi.

Walau begitu, kuahnya tampak jernih tanpa ada gumpalan lemak mengambang. Balungan menjadi titik kenikmatan saat menyantap bakso balungan. Mulai dari mengigiti daging yang menempel di tulang sampai bersih. Lalu, hisap tulang sampai benar-benar kering dari kuahnya. Begitu nikmat!

Isian bakso balungan seperti bakso pada umumnya. Bihun, mi kuning, dan taburan daun bawang cincang. Oleh karena itu, jangan lewatkan menyantap bakso balungan saat Anda mampir ke Demak. Datang saja ke area Alun-alun Kota Demak. Ada banyak warung kaki lima yang menjual bakso balungan di pusat kota Demak itu.

Selain bakso balungan, Anda juga harus mencicipi kerang rebus dan kerang goreng. Di Alun-alun Kota Demak pun terdapat banyak warung kopi yang menjual kerang rebus dan kerang goreng sebagai kudapan. Tak heran, Demak memang termasuk kota pesisir. Bisa juga Anda menyantap kerang-kerangan ini sebagai lauk. Namun, rasanya lebih nikmat jika Anda jadikan teman minum kopi di malam hari sambil menikmati keramaian Alun-alun Kota Demak.

Baca tentang


    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X