Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang di Repoeblik Telo...

Kompas.com - 03/08/2011, 08:48 WIB

Oleh: Regina Rukmorini

Telo atau ubi jalar bisa dihidangkan sebagai pizza, burger, bakpao sampai es krim. Itulah suguhan dari pusat oleh-oleh Terminal Agribisnis Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

"Repoeblik Telo". Tulisan itu terbaca pada kaus yang dijual sebagai suvenir di Terminal Agribisnis Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT), yang berlokasi di Jalan Raya Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan.

Selama sekian lama, ubi jalar (Ipomoea batatas L.) hanya dikenal sebagai makanan khas pedesaan yang diolah secara konvensional dengan digoreng atau direbus. Namun, di Terminal Agribisnis, ubi jalar seperti telah meninggalkan identitas ndeso-nya.

Orang bahkan bisa melupakan bentuk asli ubi jalar karena jenis umbi-umbian ini telah berubah ”wujud” menjadi bakpia, pizza, mi, es krim, dan brownies.

Komponen dasar untuk membuat bakpao telo sebenarnya tidak berbeda dengan bakpao biasa, yaitu terdiri dari tepung terigu, ragi, mentega, susu, dan telur. Namun, tentu saja, sesuai dengan namanya, ditambahkan lagi ubi jalar atau telo yang bisa juga digantikan dengan tepung ubi jalar. Sesudah diberi isi, bakpao dikukus dan bisa dinikmati setelah matang. Begitu bakpao dibelah dengan tangan, aroma ubi jalar pun segera menguar mengundang selera. Uniknya, jika menggunakan ubi ungu, bakpao akan berwarna ungu pula.

Berdasarkan warnanya, jenis ubi yang dipakai sebagai bahan baku memang terbagi menjadi dua macam, yaitu ubi kuning dan ungu. Untuk lebih menonjolkan identitas ubinya, sebagian olahan telo tetap dibiarkan dengan warna aslinya. Olahan bolu kukus, es krim, dan bakpao bahkan tampil dengan warna ungu yang mencolok. Ini bahkan sesuai dengan tren warna ungu dalam busana saat ini.

Pizza dan es krim

Pizza telo memiliki lumuran atau topping yang lazim dijumpai dalam pizza, seperti jamur, keju mozarella, bawang bombai, daging, paprika, dan pasta tomat. Roti yang digunakan bukan roti bulat tipis, melainkan semacam roti bolu. Di Terminal Agribisnis pizza juga dijual dalam bentuk persegi empat yang dikemas dalam kotak. Pizza terasa empuk serta lembut dan ternyata enak juga.

Menu yang paling banyak diserbu anak-anak adalah es krim cone yang terbuat dari ubi ungu yang dipadu dengan susu. Es krim telo dihidangkan, seperti bentuk api yang berkobar, mirip dengan puncak tugu Monas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com