Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papeda Kuah yang Menggoda

Kompas.com - 04/08/2011, 09:52 WIB

Oleh: Siwi Yunita C

BOSAN dengan menu nasi, cobalah papeda, bubur sagu makanan khas dari Indonesia Timur. Selain unik, papeda dengan kuah ikan asam yang segar dan gurih mampu menggoda lidah.

Tak perlu jauh-jauh ke Papua untuk menikmati Papeda. Makanan pengganti nasi itu bisa ditemukan di Jakarta.

Sejumlah restoran menyajikan makanan khas Papua dan Maluku ini sebagai menu hidangan sehari-hari mereka.

Salah satu restoran yang ternama adalah Restoran Yougwa di kawasan Kelapa Gading. Restoran ini merupakan cabang dari Restoran Yougwa yang ada di tepi Danau Sentani, Jayapura.

Papeda di restoran ini disajikan hangat dalam satu mangkuk besar. Porsi ini biasanya cukup untuk ukuran sekali makan, tetapi bisa juga untuk dua pengunjung yang porsi makannya sedikit.

Ikan kuah asam yang segar menjadi teman santap wajib dari papeda. Kuah ikan itu disajikan dalam mangkuk besar lengkap dengan taburan daun kemangi. Kuahnya melimpah dan didominasi rasa segar dari tomat iris dan lemon cui, bumbu rempah, serta gurihnya kaldu ikan.

Ketika sampai di mulut, papeda yang bertekstur kenyal pun berpadu pas dengan daging ikan yang lembut dan kuah yang segar.

Ada berbagai macam ikan yang bisa dinikmati dengan papeda, mulai dari ikan gabus, kakap merah, hingga bubara atau ikan kue. Dari ikan-ikan yang ditawarkan, ikan gabuslah yang jadi favorit. Jeane, pengelola Restoran Yougwa, mengatakan, restorannya menggunakan ikan gabus yang didatangkan dari Danau Sentani di Jayapura.

Gabus Sentani

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com