Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta, Piano, dan Secangkir Kopi

Kompas.com - 07/08/2011, 02:23 WIB

Nur Hidayati

Bagi pasangan Addie MS dan Memes, rumah adalah tempat kencan terbaik, ruang untuk berkarya, dan tempat musik meriangkan batin. Selain itu, juga ruang menikmati kesendirian.

Memasuki rumah pasangan Addie MS (51) dan Memes (46), warna-warna lembut yang terang mendominasi: putih dan krem. Kemeriahan hanya hadir lewat ornamen hias yang tertata rapi, mulai dari boneka pajangan, lukisan, aneka lilin, hingga tanaman hias dalam rumah.

”Buat orang lain mungkin rumah ini kelihatan biasa-biasa saja, tetapi buat aku sudah menjadi karunia yang luar biasa,” ujar Addie music director dan konduktor Twilite Orchestra ini.

Addie berumpama, di rumahnya, jagat raya terasa seolah memancarkan frekuensi yang tepat menyambung ke dalam dirinya. ”Ada getaran yang pas,” katanya.

Melangkah sedikit dari ruang tamu, kelegaan terasa di ruang tengah rumah. Ruang tengah ini didesain menyambung dengan ruang makan, dapur kering, dan ”sudut kopi”—pojok bawah tangga, tempat mesin kopi Addie dan lemari camilan Memes.

Jajaran pintu kaca membatasi ruang tengah dengan kolam renang di halaman belakang. Bangunan rumah ini dibangun di atas lahan sekitar 500 meter persegi. Pasangan musisi dan penyanyi ini, serta kedua putra mereka, Kevin Aprilio (21) dan Tristan Juliano (14), tinggal di sini sejak 13 tahun lalu.

Di ruang tengah rumah pula, sebuah grand piano ditempatkan di salah satu sudut, seolah menandai kehadiran musik di rumah ini. Itu bukan satu-satunya piano di rumah ini. Pasalnya, piano adalah perangkat wajib dalam tiap kamar tidur di rumah ini.

Studio mini Addie, yang menyambung ke kamar tidurnya, dilengkapi piano, komputer, dan perangkat lain yang memungkinkan ia menulis komposisi musik. Studio mini itu juga bisa digunakan Kevin untuk merekam demo musik dan vokal Vierra—nama grup musiknya. Di kamar tidur Kevin, ditaruh pula piano dan keyboard. Sementara jenis piano di kamar Tristan menunjukkan seleranya yang mengarah klasik. Nyata sudah, musik memang belahan jiwa para penghuni rumah ini.

Bukan hanya perangkat musik yang menjadi properti pribadi masing-masing. Selera musik Addie, Memes, Kevin, dan Tristan, juga urusan pribadi masing-masing. Addie mendalami musik klasik; Kevin kini lebih tertarik pada pop Korea, pop Jepang, dan Disney; Tristan berminat pada aliran klasik dan rock; sedangkan Memes menggemari jazz dan R & B.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com