Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Sarapan di Soto Gading

Kompas.com - 08/08/2011, 07:54 WIB

KOMPAS.com - Wisata kuliner di Solo sangat amat seru. Saya suka sekali dengan rasa masakannya. Rata-rata setiap kota di Indonesia punya soto khas daerah masing-masing, nah seperti apakah Soto khas kota Solo?

Pagi itu Pak Budi mangajak kami untuk mencicipi salah satu Soto yang sangat terkenal di Solo, yaitu Soto Gading di Jalan Brigjen Sudiarta 76. Tujuan pertama kami hari itu memang dibuka dengan Sarapan Soto Ayam he-he...

Tempatnya sih biasa, sederhana saja tapi lumayan bersih, pelayanannya pun sangat cekatan dan ramah. Meja-meja kayu di tata rapi memanjang, kami pun langsung pesan 3 mangkuk Soto Ayam. Nasinya bisa dicampur, bisa juga dipisah.

Yang menarik di Soto Gading ini adalah aneka lauknya yang disajikan di meja sangatlah beragam, seperti gorengan bakwan, tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, perkedel, dan masih banyak lagi disediakan di atas meja. Jadi seru kan makan sotonya, karena banyak lauk pendampingnya.

Soto Gading berkuah bening, dan isinya soun, suwiran daging ayam plus taburan bawang merah goreng dan irisan daun seledri. Sangat sederhana sotonya, rasanya pun sangat ringan, tidak terlalu terasa bumbu rempah-rempahnya. Tapi itulah kelebihan Soto Gading, karena rasa rempahnya tidak terlalu menjadikan rasa yang menonjolnya adalah rasa kaldu ayam itu sendiri, jadi lebih original.

Tapi kalau Anda ingin lebih spicy bisa tambahkan kecap dan sambal yang sudah disediakan. Kalau saya sih suka dengan Soto Gading ini, sangat cocok untuk dijadikan sarapan, karena rasanya yang sedap tapi tidak terlalu berat he-he... Suwiran daging ayamnya pun sangat lembut, tidak alot sama sekali.

Cobain deh disantap dengan bakwan dan tempe gorengnya... tambah nikmat terasa. Empalnya pun sangat istimewa, terasa bumbunya meresap sampai kedalam. Meskipun berukuran tebal, tapi lembut ketika dikunyah.

Asyik lho makan soto disini, selain sedap ... lauk pelengkapnya pun sangat menarik he-he... Kalau ke Solo, jangan lupa sarapan di Soto Gading ya. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com