Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Jelang Upacara Kasada, Hotel Mulai Penuh

Kompas.com - 12/08/2011, 17:55 WIB

KOMPAS.com - Upacara Kasada di Gunung Bromo, Jawa Timur, pada tahun ini akan berlangsung pada tanggal 14-15 Agustus 2011. Upacara tersebut merupakan upacara ritual masyarakat Tengger yang telah selama bertahun-tahun mampu menarik wisatawan asing maupun domestik. Hotel-hotel di sekitar Kabupaten Purbolinggo pun sudah mulai penuh.

"Tingkat okupansi rata-rata sudah di atas 80 persen di Kabupaten Probolinggo. Wisatawan sudah mulai berdatangan karena ini akhir high season. Jadi mulai bulan Juli dan Agustus itu lagi puncak-puncaknya kedatangan wisatawan asing dan domestik. Mereka sudah berada di empat kabupaten sekitar Gunung Bromo," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purbolinggo Tutug Edi Utomo kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2011).

Wisatawan yang datang, menurut Tutug, selain karena memang sedang masa puncak liburan juga ada yang khusus datang untuk melihat Upacara Kasada. Apalagi, tambahnya, wisatawan telah terinformasikan mengenai ritual tersebut yang berlangsung setiap tahun. Pariwisata di Gunung Bromo sempat mengalami penurunan kunjungan karena erupsi Gunung Bromo. Tutug menjelaskan status Gunung Bromo saat ini ada di level dua yaitu "Waspada". Oleh karena itu, Upacara Kasada tahun ini adalah Kasada pertama setelah erupsi.

"Ini ritual pertama setelah erupsi Bromo. Persiapan mental tidak ada masalah untuk masyarakat Tengger dalam menjalankan ritual. Karena bagi masyarakat Tengger, apapun yang terjadi adalah kehendak Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa), tidak boleh menolak bencana dan tidak boleh meminta bencana," jelas Tutug.

Tutug memperkirakan wisatawan yang ingin datang untuk melihat Upacara Kasada masih bisa mendapatkan hotel. Namun jika tidak mendapatkan kamar, kata Tutug, wisatawan dapat menginap di homestay milik penduduk maupun di hotel-hotel di luar Dusun Cemorolawang. Hotel-hotel di dusun ini terletak paling dekat dengan lautan pasir Bromo.

Upacara sendiri akan dimulai pukul 19.00 WIB di hari Minggu (14/8/2011). Tutug menjelaskan acara dimulai dengan pengukuhan sesepuh Tengger dan diakhiri dengan pementasan sendratari Joko Seger dan Roro Anteng. Ia mengatakan masyarakat Tengger terdiri dari 4 kabupaten. Nantinya, di pukul 01.00 WIB di hari Senin (15/8/2011), masyarakat memulai persiapan untuk berjalan sambil membawa obor menuju Pura Luhur Poten yang terletak di lautan pasir untuk melakukan ritual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com