Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Alam Wisata Pangjugjugan

Kompas.com - 15/08/2011, 13:31 WIB

SUMEDANG-KOMPAS.com - Alam wisata Pangjugjugan merupakan sebuah tempat wisata yang sangat asri, di Sumedang, Jawa Barat. Berada di atas perbukitan dengan suhu yang sejuk dan pemandangan alam yang memesona, lokasi ini pun didukung berbagai macam fasilitas rekreasi dan arena bermain anak.

Alam wisata Pangjugjugan tepatnya berada di Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, kira-kira 3 kilometer dari Simpang ke arah Parakan Muncang.

Di Alam Wisata Pangjugjugan pengunjung bisa menikmati  kolam renang, permainan flying fox, dan juga kegiatan outbond lengkap. Tak hanya itu, di tempat ini pun ada penginapan Rumah Adat, yang terdiri dari 60 kamar penginapan dan 15 tempat lesehan.

Tak kalah menarik pula, di tempat ini terdapat layanan pengobatan alternatif, terapi ikan. Konono terapi ini mampu mengobati banyak penyakit, salah satunya reumatik.

Sementara, untuk buah tangan, pengunjung bisa membawa pulang oleh-oleh khas Pangjugjugan, seperti krispi yang terbuat dari jamur tiram, dodol stroberi, abon lele, keripik pisang dan karamel.

Menurut Djadjat Suharja, pemilik Alam Wisata Pagjugjugan lokasi ini dibangun untuk menjaga kelestarian alam terutama populasi burung elang yang hampir punah. "Makanya, jika kita menikmati pemandangan di sini, kita pun bisa menyaksikan burung-burung elang yang terbang di atas areal seluas 12 hektar ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com