Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tea Walk" di Sela Perjalanan Mudik

Kompas.com - 16/08/2011, 11:13 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Bagi yang berniat mudik dari Jakarta melintasi jalur selatan Jawa Barat, jalur Puncak menjadi jalan alternatifnya. Jalur ini untuk menghindari kemacetan di jalan tol Jakarta-Sadang menuju Tol Cipularang akibat penumpukan kendaraan menuju Cikampek.

Ketika di Puncak, berwisata tea walk atau berjalan santai di kebun teh, misalnya di Agrowisata Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, bisa jadi pilihan untuk melemaskan kaki sebelum perjalanan panjang mudik.

Jalur alternatif Puncak ini nantinya bisa menuju Tol Purbalenyi dengan pintu tol di Padalarang, kemudian menuju Bandung dan Cileunyi. Selanjutnya, tidak akan menemui jalan tol lagi di jalur selatan Jawa Barat hingga memasuki Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Itulah pentingnya menyiapkan stamina. Berolahraga jalan kaki di kebun teh dapat menjaga stamina selama perjalanan mudik nantinya. Tea walk di Agrowisata Gunung Mas menyajikan pilihan rute sepanjang 4, 6, 8, dan 10 kilometer. Uang yang harus dikeluarkan untuk setiap rute itu antara Rp 60.000 sampai Rp 90.000 per orang.

Pada musim kemarau di bulan Agustus 2011 saat ini, beberapa petugas Agrowisata Gunung Mas menuturkan, hasil panen teh relatif sedikit sehingga tidak diolah di kawasan Gunung Mas, tetapi dialihkan di pabrik teh di Gede, Cianjur.

Wisata jalan santai di kebun teh Puncak sebetulnya tersedia di setiap kawasan Puncak yang dilintasi. Syukur-syukur bisa mendapatkan jalur tea walk cuma-cuma dan bisa pula bersosialisasi dengan penduduk setempat. Memotret dan berpose bersama pemetik teh juga bisa menjadi pilihan menikmati sensasi wisata mudik Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com