Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Raya 200 Meter Jadi Pasar 'Cakar'

Kompas.com - 18/08/2011, 08:33 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Banyak cara untuk menyiasati tingginya harga berbagai kebutuhan hidup menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tengoklah apa yang terjadi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Tak bisa berlebaran dengan memakai baju baru, pakaian bekas pun menjadi alternatif bagi warga di sana.

Tingginya permintaan pakaian bekas selama Ramadhan, memancing minat banyak pedagang dadakan untuk menggeluti bisnis pakaian bekas musiman ini yang dikenal dengan nama Pasar Cakar ini.

Maka, tak terlalu mengejutkan pula jika pagi ini, Rabu (19/8/2011), sebuah jalan raya di Kelurahan Pekkabata sepanjang 200 meter, beralih fungsi menjadi pasar dadakan. Jalan Tamajarra, Polewali yang dipakai untuk berdagang itu, sudah dipadati warga sejak Pasar Cakar dibuka pada pukul 7 pagi tadi.

Berbagai jenis pakaian bekas termasuk tas, sepatu, asesoris rumah dan peralatan shalat, laris bak kacang goreng. Celana jeans yang kondisinya tampak masih mulus misalnya, hanya dijual paling tinggi seharga Rp 40 ribu. Sepatu dan tas yang biasanya di jual toko seharga Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu, di lokasi ini bisa dibeli dengan harga Rp 60 ribu per buah.

Hanya saja warga perlu lebih teliti saat membeli. Maklum, barang yang dibeli adalah barang bekas, sangat mungkin ada kekurangan-kekurangan di sana-sini. Misalnya, bintik noda pada kain, atau cacat kecil di bagian tertentu.

Syarifuddin, seorang pengacara di Polewali Mandar dengan terus terang mengaku menyukai Pasar Cakar. Ia beralasan, memilih tempat ini karena suasananya terbuka dan banyak pilihan. Lokasinya juga bisa menjadi sarana hiburan dan tempat rekreasi yang nyaman. "Harganya murah dan banyak pilihan. Tempat ini juga cocok untuk rekreasi atau ngabuburit sambil tunggu waktu buka puasa," ujar Syarifuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com