Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi

Kompas.com - 18/08/2011, 17:47 WIB

oleh Aufrida Wismi Warastri

Anda akan mudik ke Yogyakarta dan punya waktu luang untuk jalan-jalan? Museum Gunung Api Merapi bisa menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Selain berwisata, pengunjung juga belajar tentang kegunungapian di dunia, terutama mempelajari fenomena Gunung Merapi, Gunung paling aktif di dunia.        

Museum Gunung Api Merapi terletak di Desa Harjobinangun, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Lokasi bisa dicapai melalui Jalan Kaliurang, Yogyakarta.

Di sekitar kilometer 20, Anda akan menemukan tanda panah ke kiri yang menunjukkan arah ke Museum Gunung Api Merapi. Ikuti tanda panah itu hingga mencapai museum.    

Bangunannya unik, membentuk kerucut yang menggambarkan perpaduan arsitektur modern dan tradisional Yogyakarta. Pemandangan Gunung Merapi menjadi latar belakang museum yang diresmikan penggunaannya tahun 2009 itu. Jika Merapi tidak tertutup kabut, menatap bangunan museum berlatar belakang Gunung Merapi sudah sangat menghibur.      

Maket Gunung Merapi terpampang di depan pintu masuk menyambut pengunjung yang datang. Di situ pengunjung bisa memelajari lelehan erupsi Merapi dari tahun ke tahun.     

Setelah itu pengunjung diajak memelajari evolusi kerak bumi, melihat gunung api aktif di Indonesia dan dunia, tipe letusan hingga bagaimana melakukan mitigasi jika terjadi letusan gunung. Berbagai peralatan di pos pengamatan Gunung Merapi dari masa ke masa juga dipamerkan.      

Museum buka setiap hari, juga saat lebaran nanti. Loket tiket buka sejak pukul 09.00 hingga 15.00. Saat puasa loket buka pukul 09.00 hingga 14.30.    

Pemandu Museum Gunung Api Merapi Dwi Handayani, Rabu (18/8/2011) mengatakan semua orang bisa belajar tentang Gunung Merapi di tempat ini. Museum juga menjadi ruang pembelajaran mitigasi bencana.

Jadi, disamping mudik dan berlebaran bersama keluarga, tak ada salahnya berwisata sambil belajar tentang kekayaan gunung api di Indonesia di Museum Gunung Api Merapi.  (WSI/NAW/HEI)   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com