Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintaro Jaya, Kuat karena Komunitas

Kompas.com - 23/08/2011, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu kekuatan besar kawasan hunian Bintaro Jaya yang dikembangkan oleh PT Jaya Real Property adalah komunitasnya. Di sini, pengembang dan warga mengembangkan konsep e-community untuk bersama-sama menciptakan kawasan permukiman yang peduli terhadap lingkungan.

"Konsep gaya hidup e-community ini diusung oleh pengembang untuk bersama-sama dengan warga menciptakan satu kawasan permukiman yang lebih peduli pada lingkungan," tutur Swandayani, Direktur PT Jaya Real Property Tbk, kepada Kompas.com di Bintaro, awal Agustus lalu.

Swandayani mengatakan, agar tidak ditinggalkan warga atau calon pembeli, pengembang harus terus mengembangkan hunian lewat kelengkapan fasilitas dan infrastruktur.

"Sehingga hunian kami tidak hanya nyaman untuk tinggal, tetapi juga nyaman untuk bekerja dan bermain. Dan, cita-cita kami sebagai kawasan permukiman dengan kualitas hunian terjangkau, nyaman dihuni, dan berkelanjutan hingga puluhan tahun mendatang bisa tercapai," ujarnya.

Kekompakan pengembang dan warga lewat e-community ini terjalin melalui agenda-agenda acara lingkungan yang rutin dilaksanakan. Beberapa di antaranya adalah acara lomba kerapian, keasrian, dan ketertiban (K3) antarkluster, lomba rumah sehat asri dan hemat energi yang diikuti warga secara individu, lomba karya tulis lingkungan, serta lomba poster lingkungan.

Ia mengatakan, tantangan untuk menyatukan komunitas warga hunian tidak sulit. Hal ini dikarenakan warga yang kebanyakan kalangan profesional dengan mudah diajak bekerja sama.

"Antusiasme warga sangat besar, terbukti dengan aktifnya mereka lewat beragam perlombaan, serta secara swadaya warga memperbaiki lingkungan tempat tinggalnya. Meski tinggal dalam kluster, warga tidak individualis. Malahan mereka banyak bergabung dalam berbagai komunitas yang ada," ujarnya.

Pertemuan 32 komunitas

Kuatnya komunitas yang ada di Bintaro Jaya telah mengisi puncak acara Lestari Bintaroku pada Minggu (24/7/2011). Dalam acara bertajuk "Ajang Temu 32 Komunitas Bintaro Jaya" di Menteng Park, Sektor 7 Bintaro Jaya, 32 komunitas di Bintaro Jaya, seperti komunitas Gowes; Bintaro Creative Forum; serta komunitas musik, film, fotografi, dan seni lukis, membuka stand khusus. Para pengunjung yang tak lain adalah warga Bintaro mampir dan beranjangsana.

Pada kesempatan tersebut diumumkan pula pemenang lomba K3 dan lomba lain. Penyanyi Nugie, warga Bintaro Jaya Sektor 4, yang datang sebagai salah satu pengisi acara mengaku bangga menjadi bagian dari keluarga besar Bintaro Jaya.

"Saya sebagai saksi hidup, banyak yang mengatakan betapa enaknya tinggal di sini. Banyak fasilitas—transportasi dan infrastruktur—seperti tol lengkap, orangnya asyik, wisata kuliner variatif, dan lingkungannya asri," ujarnya.

"Ini tempat yang harmonis dan harus dijaga. Semoga semua komunitas di sini diberi wadah agar yang tinggal merasa bahagia dan pengembang juga makin dikenal," tutur Nugie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com