Rasa Bubur Tinutuan Mantap!

Kompas.com - 23/08/2011, 12:45 WIB
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com - Suatu kesenangan tersendiri buat saya bisa menginjakkan kaki di Manado. Bahkan saya punya cita-cita untuk bisa mencicipi kuliner di setiap daerah yang ada di Indonesia, tidak hanya kuliner di Pulau Jawa. Makanya saya senang sekali bisa berada di Manado.

Salah satu makanan khas Manado yang tidak boleh saya lewatkan adalah bubur manado. Saya sering menyantap bubur manado di Jakarta. Nah, sekarang saya ingin mencicipi bubur manado yang asli, namanya adalah bubur tinutuan.

Pagi itu, teman kami, Andrew, mengajak ke lokasi wisata makanan Tinutuan Wakeke. Sepanjang Jalan Wakeke tersebut isinya rumah makan semua. Mau makan di mana tinggal pilih, karena rata-rata menunya hampir mirip semua.

Akhirnya kami putuskan untuk sarapan di Dego-Dego Manado Cafe. Sebuah cafe sederhana yang cukup ramai pengunjungnya ini menjual menu bubur tinutuan dan aneka makanan khas Manado lainnya seperti nike goreng, cakalang goreng, dan masih banyak lagi.

Saya pun memilih bubur tinutuan dan mi cakalang goreng. Kemudian teman-teman saya juga sebagian besar pesan bubur tinutuan. Kami juga pesan nike goreng, cakalang goreng, dan tidak ketinggalan bakwan jagung.

Kalau datang ke rumah makan Manado, jangan lewatkan untuk menyantap bakwan jagung. Rata-rata bakwan jagung mereka enak-enak.

Bubur tinutuan adalah bubur yang dicampur dengan labu kuning, ubi, kangkung, bayam, daun kemangi, jagung muda yang disisir, dan diberi ikan asin. Warnanya pun cenderung kuning terang, mungkin karena labu kuning.

Buburnya memang agak encer. Rasanya sih tidak jauh beda dengan bubur pada umumnya. Hanya saja ini lebih khas karena ada aroma kemangi dan manisnya jagung muda. Kalau Anda ingin lebih ada rasa, coba saja tambahkan sedikit sambal, jadi lebih enak rasanya.

Mi goreng cakalang juga enak loh. Mi goreng yang dicampur dengan suwiran ikan cakalang, mmm yummy! Mi kenyal, gurih, dan sangat terasa sekali ikan cakalangnya.

Nah, kalau ingin lebih puas makan ikan cakalangnya, cobain ikan cakalang goreng yang sudah di potong-potong, nikmat banget! Apalagi setelah saya cocol dengan sambalnya. Nike goreng lumayan enak, kering dan gurih banget.

Selesai juga sarapan kami pagi itu dengan berbagai macam lauk khas Manado yang enak-enak. Sarapan yang membuat saya semangat untuk menjalani kegiatan saya berikutnya. Saya suka sekali dengan makanan ala Manado, terutama Cakalang Gorengnya tadi. Mantap! (Ita)

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X