Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Selatan, Keindahan yang Tersembunyi

Kompas.com - 24/08/2011, 16:29 WIB

Oleh: Try Hariyono

TIDAK salah jika kolumnis beken, MAW Brouwer, menyebut "alam Parahyangan dibuat Tuhan ketika sedang tersenyum". Alamnya begitu indah. Keindahan itu, antara lain, terlihat di kawasan Bandung selatan.

Perpaduan pegunungan dan bukit-bukit yang hijau dengan perkebunan teh serta danau berair jernih menjadi panorama yang sangat menawan hati. Keindahan ini masih ditambah lagi dengan suara gemercik air sungai yang membelah berbagai kawasan di Bandung selatan.

Sangat sayang jika Bandung selatan diabaikan dalam liburan Lebaran mendatang. Selain jaraknya relatif dekat, sekitar 157 kilometer dari Jakarta, obyek wisata yang bisa dinikmati pun sangat beragam.

Memang untuk mencapai Bandung selatan, kita akan dihadang dulu oleh kemacetan parah, baik saat keluar melalui Pintu Tol Kopo, Mohammad Toha, maupun Buahbatu. Antrean angkutan kota serta kondisi jalan yang tak terlampau mulus akan cukup menyiksa.

Namun, kondisi itu tak terlampau jauh. Selepas Kecamatan Soreang yang merupakan ibu kota Kabupaten Bandung, panorama indah dan udara segar akan segera bisa dinikmati. Di kiri-kanan jalan bisa dinikmati pemandangan beragam sayuran, mulai dari daun bawang, kol, tomat, hingga tanaman palawija lain.

Di sekitar Soreang menuju arah Ciwidey juga bisa dinikmati wisata memetik stroberi. Pengunjung dipersilakan memetik stroberi dan berat buah yang dipetik akan ditimbang kemudian. Harga sangat terjangkau dan pasti akan memberi kesan tersendiri bagi anak-anak.

Lepas dari Soreang dan memasuki Ciwidey, mata kita akan dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang sangat memesona. Berbeda dengan panorama di Puncak, Bogor, hamparan teh yang bisa dilihat sangat luas dan kondisi perbukitannya sangat beragam.

Di tengah-tengah kawasan ini, kita bisa menikmati pemandian air panas Cimanggu dan Ciwalini. Keduanya memiliki keunikan masing-masing.

Jika mau menikmati panorama yang herbeda, bisa menikmati Kawah Putih, yakni danau kawah dari Gunung Patuha yang ketinggiannya mencapai 2.334 meter di atas permukaan laut. Uniknya, air danau kawah tersebut sangat putih dan kita bisa bermain-main hingga ke tepi danau kawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com