Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Jadi Menyenangkan? Ini Tipsnya!

Kompas.com - 26/08/2011, 09:48 WIB

KOMPAS.com – Semua orang pasti menyukai hari libur, tentunya banyak pula hal yang dapat dilakukan saat musim liburan telah tiba, mulai dari beristirahat total dirumah hingga belibur bersama keluarga untuk melepas kepenatan aktivitas sehari-hari yang monoton.

Namun, terkadang liburan menjadi hal yang membosankan apabila waktu liburan tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Banyak faktor yang mengakibatkan liburan jadi tidak menyenangkan, salah satunya bisa terjadi karena waktu libur yang terlalu lama, sehingga banyak yang terjebak dan memilih untuk bermalas-malasan dirumah.

Hal tersebut dapat dihindari jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini, agar liburan Anda jadi lebih bermanfaat :

Cari Kegiatan Positif Pilih kegiatan yang mampu menyalurkan hobi dan bakat Anda, agar dapat mengasah keterampilan, menambah pengetahuan, dan mengembangakan karakter kepribadian Anda. Misalnya dengan ikut kegiatan ekstrakurikuler sekolah, kursus bahasa asing, summer camp, atau magang kerja.

Bantu Pekerjaan Orang Tua Sesekali beri kesempatan bagi orang tua Anda menjadi Raja dan Ratu dengan membantu meringankan pekerjaan mereka dirumah. Kegiatan yang dapat dilakukan pun banyak, diantaranya dengan membersihkan dapur, memasak, dan mengepel lantai rumah bagi wanita, juga membantu membersihkan kendaraan, serta membersihkan kebun dan halaman rumah bagi pria.

Manjakan Diri Tak ada salahnya jika memanjakan diri Anda, agar penampilan dan kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat tubuh, diantaranya dengan merasakan massage, body scrub (luluran) dan body mask (masker), dan spa yang kini sudah banyak tersedia di berbagai tempat pusat kecantikan yang kini sangat diminati oleh kebanyakan kaum hawa ini, atau sekedar menikmati mandi dengan air hangat sambil bersantai juga  akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan tenang.

Dekorasi Kamar Setelah Anda disibukkan dengan berbagai kegiatan yang banyak menyita waktu di luar rumah, terkadang ruang kamar pribadi Anda tidak sempat untuk ditata dengan rapi. Dikala waktu libur tiba, sempatkan diri Anda untuk menata dan mendekor ulang kembali kamar Anda seperti mengubah warna cat kamar yang ternyata mampu membangkitkan mood positif terhadap diri Anda, atau ubah letak barang Anda pada posisi yang berbeda dari sebelunya, agar suasana kamar Anda terlihat lebih fresh dan tidak membosankan.

Berwisata Kebanyakan orang beranggapan bahwa untuk berwisata dan berlibur, haruslah pergi keluar kota bahkan keluar negeri yang tentunya akan menghabiskan biaya cukup besar. Ternyata, banyak pula tempat wisata disekitar lingkungan Anda yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, misalnya mencoba untuk berwisata sejarah yang akan menambah pustaka ilmu Anda dan pastinya tak akan meroggoh kocek Anda dengan pengeluaran yang besar.

Tingkatkan Ibadah Inilah waktunya untuk lebih memfokuskan dan mengoptimalkan kualitas ibadah Anda. Disaat waktu libur, tentu banyak waktu senggang yang dapat Anda lakukan dengan mengisi kegiatan dengan yang bersifat religius agar kualitas ibadah Anda lebih baik.

Berbisnis Peluang bisnis dengan membuka usaha pada masa sekarang sangat populer dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Ditambah dengan semakin pesatnya perkembangan dunia media sosial yang sangat membantu Anda untuk berbisnis lebih mudah. Bisa dilakukan dengan membuka bisnis kecil-kecilan salah satunya seperti membuka usaha berbasis online shop yang kini sangat digandrungi oleh kalangan anak muda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com