Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Sarang Kuman di Tempat Umum

Kompas.com - 26/08/2011, 16:10 WIB

Kompas.com - Banyak dari kita yang yakin telah menetapkan standar kebersihan yang tinggi di rumah. Kita mungkin sudah getol membersihkan rumah, namun pada saat yang sama tanpa disadari kita sering mengundang kuman masuk ke rumah.

Toilet selama ini dianggap sebagai tempat yang paling kotor padahal kenyataannya kuman-kuman lebih sering beristirahat di gagang telepon umum, tombol lift, buku menu , dan di gagang pintu. Dan kita menyentuh semua benda tersebut tanpa menyadari telah bersentuhan dengan kuman.

Berikut ini beberapa tempat di mana kuman berada:

1. Buku menu restauran Saat Anda berada di restauran Anda pasti meminta menu makanan kepada pelayan. Dan buku menu makanan yang dibawa sebelum diberikan kepada Anda sempat dipegang oleh banyak orang. Ada kemungkinan bahwa kuman sedang beristirahat di buku menu dan berpindah ke tangan Anda. Penelitian telah menunjukan bahwa virus flu dapat hidup sampai 18 jam pada permukaan yang keras.

2. Irisan lemon

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mikroba tinggal di potongan lemon yang menjadi hiasan pada pinggiran gelas direstoran. Mikroorganisme yang mungkin ditemukan dalam potongan lemon, termasuk E. coli. Anda bisa menghindarinya dengan memesan minuman tanpa potongan lemon.

3. Wadah bumbu

Bumbu penyedap seperti garam, kecap, sambal dan merica biasanya disediakan secara bebas di meja restoran. Sayangnya kebanyakan orang lupa mencuci tangan sebelum menyentuhnya sehingga kuman bisa berpindah.

Untuk mencegah kuman ada baiknya Anda selalu mencuci tangan atau minimal memakai cairan pembunuh kuman sebelum makan.

4. Gagang pintu toilet Gagang pintu mengandung kuman lebih banyak dari pada toiletnya sendiri karena banyak orang menyentuhnya. Anda bisa menggunakan tisu kertas untuk menyentuhnya, terutama saat Anda selesai mencuci tangan sebelum makan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com