Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariaman Buka Wisata Antarpulau

Kompas.com - 27/08/2011, 19:38 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

PARIAMAN, KOMPAS.com — Pesta Pantai Pariaman di Pariaman, Sumatera Barat, digelar dalam rangka menyambut Idul Fitri 1432 Hijriah. Tahun ini, untuk memeriahkan acara tersebut Pemerintah Kota Pariaman membuka jasa wisata antarpulau.

"Kami menyediakan kapal kapasitas 30 orang dengan tarif Rp 25.000  per orang untuk berwisata ke pulau-pulau di perairan Pariaman," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pariaman Jose Rizal di Pariaman, Jumat (26/8/2011).

Selain kapal yang disediakan Pemerintah Kota Pariaman, pengunjung juga dapat memakai jasa kapal nelayan dengan tarif sama. Ia menjelaskan kapal tersebut akan membawa wisatawan ke Pulau Ansoduo yang jaraknya 1,9 mil dari pesisir Pantai Pariaman.

Tempat itu, katanya, merupakan pulau bersejarah yang terdapat kuburan panjang di dalamnya. Pulau Ansoduo juga merupakan situs sejarah sebagai lokasi penyebaran Islam pertama di Pariaman. Biasanya pada musim ziarah, banyak pengunjung datang ke pulau untuk berkunjung ke makam itu.

"Wisatawan juga bisa melihat-lihat ke kuburan tersebut yang lokasinya sudah dibenahi sedemikian rupa oleh Pemkot Pariaman," katanya.

Di Pulau Ansoduo terdapat sebuah dermaga dan tiga tempat peristirahatan berupa rumah panggung. Pengunjung dapat menikmati wisata pulau dengan pasir putih dan memancing di pantai yang berkarang di balik pulau itu. Untuk keamanan selama perjalanan wisata, katanya, pihaknya sudah bekerja sama dengan BPBD Pariaman, Polres Pariaman, dan Tim SAR.

Pulau Ansoduo dapat dicapai dengan menggunakan kapal bermesin 15 PK selama 20 menit dari Pantai Gadoriah. Pulau tersebut merupakan pulau terluas di Pariaman yaitu lebih kurang 3,5 hektar dengan topografi relatif datar. Di bagian tengah pulau didominasi oleh vegetasi hutan dengan jenis pohon yang tumbuh, di antaranya aru dan kelapa lebih dominan di daerah pantai.

Selain Pulau Ansoduo, di perairan Pariaman juga terdapat lima gugusan pulau lainnya, yakni Pulau Bando, Gosong, Tangah, Ujung, dan Kasiak yang keseluruhannya termasuk pulau-pulau nonurban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com