Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busyro, Din, dan Amien Pimpin Shalat Id di Yogyakarta

Kompas.com - 29/08/2011, 13:59 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah tokoh dijadwalkan akan menjadi imam dan khatib shalat Idul Fitri 1432 H di Yogyakarta. Puluhan spanduk yang terpampanng di beberapa sudut dan penjuru kota Yogyakarta menyatakan, pelaksanaan shalat Id adalah hari Selasa, 30 Agustus 2011.

Berdasarkan pantauan Kompas.com atas spanduk-spanduk tersebut,  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Busyro Muqqodas akan menjadi imam dan khatib shalat Id di alun-alun selatan Keraton Yogyakarta.

Sedangkan, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin akan menjadi imam dan khatib shalat Id di alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Sementara mantan Ketua MPR, Amien Rais, akan menjadi imam dan khatib di Lapangan Trirenggo Bantul, Yogyakarta.

Persiapan untuk pelaksanaan shalat Id pun telah dilakukan di sejumlah tempat. Hal itu di antaranya di alun-alun utara Keraton Yogyakarta, alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta, lapangan Kridosono, dan sejumlah tempat lainnya.

Meski sebagian besar umat Islam Indonesia mengawali puasa Ramadhan secara bersama-sama pada 1 Agustus 2011, potensi untuk berbeda waktu dalam mengakhiri ibadah Ramadhan masih tinggi. Sebagian kelompok akan ber-Lebaran pada hari Selasa (30/8/2011) besok atau berpuasa selama 29 hari, sedangkan kelompok lain baru akan ber-Lebaran pada hari Rabu (31/8/2011) lusa, atau berpuasa Ramadhan 30 hari.

PP Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat yang menyatakan, Idul Fitri jatuh pada Selasa. Sementara pemerintah baru akan menggelar sidang isbat sore ini untuk menentukan 1 Syawal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com