Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Ribu Jemaah Shalat Id di Al-Azhar

Kompas.com - 30/08/2011, 08:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Belasan ribu umat Muslim asal Jakarta dan kota sekitarnya melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2011) pagi. Shalat dimulai tepat pukul 07.00 WIB.

Jemaah dari berbagai usia itu sudah memadati kompleks Al-Azhar sejak pukul 05.30 WIB. Lantaran tak tertampung di dalam masjid dan lapangan, sebagian jemaah terpaksa melaksanakan shalat di halaman masjid hingga sepanjang Jalan Raden Patah. Selama shalat, akses jalan itu ditutup.

Selain dipadati jemaah, di sekitar masjid juga dipadati pengemis mulai dari anak-anak hingga orang tua, serta para pedagang. Mereka berharap berkah di hari yang suci ini.

Seperti diketahui, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari ini. Keputusan itu berbeda dengan keputusan pemerintah bahwa Idul Fitri jatuh pada Rabu (31/8/2011).

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menginstruksikan kepada segenap pimpinan dan warga Muhammadiyah untuk berpegang teguh pada hasil Hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selain di Masjid Al-Azhar, setidaknya ada 59 titik shalat Id lain di Jakarta dan Bekasi pada hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com