Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Shalat Id di Wates

Kompas.com - 31/08/2011, 08:35 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com — Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X, pagi tadi melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Jami, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Sultan hadir bersama anak pertamanya GKR Pembayun dan sejumlah anggota keluarganya. Permaisuri raja, GKR Hemas, tidak hadir. Selain Sultan, tampak pula Bupati Kulon Progo dr Hasto Wardoyo, Sekda Budi Wibowo, dan sejumlah kepala DPKD.

Sultan yang mengenakan setelah baju batik coklat dan celana panjang hitam ini melaksanakan shalat Id di shaf pertama bersama Bupati, Kapolres, dan sejumlah kiai sepuh lain. Bertindak sebagai imam adalah KH Hasyim, sedangkan khatib oleh Zainuri.

Seusai melaksanakan shalat, sejumlah jemaah berebut untuk bisa bersalaman dengan Sultan. Sultan Hamengku Buwono X pun mengajak masyarakat untuk berhemat. Momentum Lebaran harus bisa merubah sikap dan perilaku ke arah yang lebih baik.

"Tidak perlu boros, saatnya untuk berhemat," kata Sultan. "Lebaran harus bisa dimaknai untuk meningkatkan kualitas di masyarakat."

Sementara dalam khotbahnya, Zainuri mengajak masyarakat untuk meningkatkan amal dan memperdalam isi Al Quran. "Jangan sampai peningkatan ibadah hanya di bulan puasa," beber Zainuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com