Sultan Shalat Id di Wates

Kompas.com - 31/08/2011, 08:35 WIB
EditorA. Wisnubrata

KULON PROGO, KOMPAS.com — Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X, pagi tadi melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Jami, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Sultan hadir bersama anak pertamanya GKR Pembayun dan sejumlah anggota keluarganya. Permaisuri raja, GKR Hemas, tidak hadir. Selain Sultan, tampak pula Bupati Kulon Progo dr Hasto Wardoyo, Sekda Budi Wibowo, dan sejumlah kepala DPKD.

Sultan yang mengenakan setelah baju batik coklat dan celana panjang hitam ini melaksanakan shalat Id di shaf pertama bersama Bupati, Kapolres, dan sejumlah kiai sepuh lain. Bertindak sebagai imam adalah KH Hasyim, sedangkan khatib oleh Zainuri.

Seusai melaksanakan shalat, sejumlah jemaah berebut untuk bisa bersalaman dengan Sultan. Sultan Hamengku Buwono X pun mengajak masyarakat untuk berhemat. Momentum Lebaran harus bisa merubah sikap dan perilaku ke arah yang lebih baik.

"Tidak perlu boros, saatnya untuk berhemat," kata Sultan. "Lebaran harus bisa dimaknai untuk meningkatkan kualitas di masyarakat."

Sementara dalam khotbahnya, Zainuri mengajak masyarakat untuk meningkatkan amal dan memperdalam isi Al Quran. "Jangan sampai peningkatan ibadah hanya di bulan puasa," beber Zainuri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.