Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FOTO: Berebut Gunungan

Kompas.com - 31/08/2011, 17:50 WIB

BERITA FOTO

Ratusan warga berebut gunungan lanang dalam prosesi grebek syawal di halaman Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Rabu (31/8/2011). Acara yang digelar Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut diselenggarakan setiap 1 Syawal atau bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Gunungan merupakan simbolisasi Hajad Dalem (sedekah) serta kedermawanan Sultan Hamengkubowono kepada rakyatnya berupa beragam hasil bumi (pertanian) seperti kacang panjang dan cabai merah.

Sejak pukul 08.00 WIB, wisatawan dan warga sudah memenuhi halaman keraton untuk menyaksikan iringan pasukan keraton yang mengawali prosesi grebek syawal.

Dua regu pasukan keraton mengawal gunungan dari halaman keraton menuju alun-alun utara, selanjutnya dibawa ke halaman Masjid Gede Kauman untuk dibagikan kepada masyarakat.

Ratusan warga rela menanti di bawah terik matahari untuk menanti kedatangan gunungan lanang yang dipercaya dapat membawa berkah.

Sekitar pukul 10.30, gunungan tiba di halaman masjid, sebagian warga yang tidak sabar malah sudah mengambil hasil bumi dari gunungan meski aba-aba dari petugas keraton belum dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com