Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Pelayanan RSUD Ulin Berjalan Normal

Kompas.com - 31/08/2011, 23:21 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Meski lebaran berlangsung pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin akan tetap seperti biasanya tidak berbeda.

Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin, Dr Abimanyu S.pd di Banjarmasin, Rabu (31/8/2011) mengatakan, selama Lebaran pelayan kesehatan di rumah sakit ini tetap seperti biasanya.

Pelayanan terhadap masyarakat memerlukan pengobatan tetap saja dilayani seperti hari-hari biasanya, hanya saja tempat berobatnya yang dialihkan.

Lanjutnya, kalo dihari-hari biasa bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pengobatan atau pelayanan kesehatan biasa kepoliklinik, namun disaat moment Lebaran dialihkan ke Unit Gawat Darurat (UGD) untuk penanganan sementara.

"Pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuh pengobatan di rumah sakit ini tetap dilayani seperti biasanya, hanya saja selama Lebaran nanti pelayanan dialihkan ke UGD sementara waktu," ucapnya.

Abi sapaan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin itu, terus mengatakan dalam moment Lebaran ini untuk dokter siaga di UGD pada pagi hari akan ditambah menjadi tiga dokter, biasanya hanya dua dokter saja.

Itu dimaksudkan agar nantinya segala bentuk pelayanan kesehatan terhadap masyarakat bisa lebih teratasi dengan adanya penambahan dokter menjadi tiga orang itu.

Sedangkan untuk para perawat kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin itu diterapkan sistem tiga sip agar pelayanan terhadap pasien rawat inap bisa lebih maksimal.

Jadi pada saat moment Lebaran datang pelayanan di RSUD Ulin Banjarmasin tetap bisa mengatasi segala permintaan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dan bagi pasien rawat inap di tidak terbengkalai.

"UGD kita tambah tenaga dokter menjadi tiga orang, para perawat jaga sementara ini kita jadikan tiga sip, sehingga semua permintaan pelayanan kesehatan bisa teratasi termasuk perawatan bagi pasien rawat inap," ungkapnya.

Untuk pelayanan kesehatan rawat jalan atau poliklinik sementara waktu saat Lebaran ditutup atau tidak ada aktivitas pelayanan bagi yang hendak berobat atau memerlukan pengobatan, sebagai ganti dialihkan ke UGD RSUD Ulin Banjarmasin, demikian Abimanyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com