Keraton Yogyakarta Gelar Tradisi "Ngabekten"

Kompas.com - 01/09/2011, 14:04 WIB
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Keraton Yogyakarta, Kamis (1/9/2011) siang, menggelar tradisi Ngabekten dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini digelar selama dua hari yakni pada Lebaran pertama dan kedua.

Lebaran pertama khusus untuk kerabat dan abdi dalem keraton yang laki-laki. Sedangkan untuk hari yang kedua khusus untuk keluarga, kerabat dan abdi dalem keraton yang perempuan.

Karena Keraton Yogyakarta berlebaran pada tanggal 31 Agustus 2011, maka hari ini merupakan lebaran kedua dan tradisi Ngabekten khusus untuk perempuan.

Para kerabat dan abdi dalem telah siap menunggu kedatangan Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Tratag depan Gedung penyimpanan pusaka sejak pagi.

Tepat pukul 09.30 WIB, Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi sang permaisuri, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas tiba dan Sultan duduk di singgasana. Sultan mengenakan surjan dengan motif kembang warna cerah.

Yang mendapat kesempatan pertama adalah Permaisuri Raja Keraton Yogyakarta GKR Hemas. GKR Hemas melakukan sungkeman pada Sultan sebagai tanda bakti. Kemudian diikuti putri sulung Sultan, GKR Pembayun yang disusul keempat adiknya.Usai keluarga raja, kerabat dan abdi dalem keraton Yogyakarta menyusul.

Acara Ngabekten ini juga diikuti para bupati dan wali kota dari seluruh wilayah DI Yogyakarta. Nampak hadir pada acara sungkeman kepada Sri Sultan Hamengku Buwono antara lain Bupati Gunung Kidul Badingah, istri Wali Kota Yogyakarta Diah Suminar dan Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu.

"Saya merasa senang mengikuti acara Ngabekten. Kali ini merupakan pertama saya ikut sebagai Bupati Gunung Kidul. Kalau sebagai wakil bupati sudah pernah selama lima kali. Saya merasa bersyukur karena dapat melestarikan budaya Keraton," ujar Badingah, Bupati Gunung Kidul, Yogyakarta, ditemui usai mengikuti acara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.