Berkunjung ke Kopitiam Oey

Kompas.com - 03/09/2011, 06:36 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan Bondan Winarno, seorang pakar kuliner Indonesia yang sangat kami segani. Nah, apakah Anda tahu ia punya Kopitiam yang juga sangat terkenal? Kopitiam Oey namanya. Kali ini kami sengaja ingin berkunjung ke Kopitiam Oey untuk mencoba makanan dan minuman di sini.

Kami berkunjung ke Kopitiam yang ada di Jalan Sabang (H. Agus Salim) No. 18, Jakarta Pusat. Menempati sebuah bangunan kuno yang interiornya di desain era peranakan China jaman dulu. Komplit dengan hiasan-hiasan dinding yang unik.  Di sini juga cukup ramai lho, ada yang sekeluarga sedang asik makan, ada juga pria yang sedang asik duduk di pojokan sambil membuka laptopnya.

Yup, makanan di sini memang sangat menggiurkan. Ada makanan ringan juga seperti lumpia, kroket Blanda, Banana Flambe, Roti Canai Kari Ayam, Roti Telor Blanda, Roti Bakar Prantjis, dan masih ada beberapa lagi. Mau makanan yang berat juga ada. Saya pun tertarik untuk mencoba Sego Ireng alias Nasi Hitam. Sedangkan teman saya lebih memilih makanan yang lebih ringan seperti Roti Canai Kari Ayam. Nah, untuk minumannya kami kepengen mencoba Es Kopi Sisiliana (Ijs Kopi Sisiliana) dan Ijs Teh Daon Mint.

Sego Ireng disajikan masih terbungkus daun pisang. Ternyata warna hitamnya ini berasal dari kluwak, he-he kreatif bener ya. Warna nasi memang jadi agak kehitam-hitaman, ada suwiran daging ayam, dan irisan telur dadar. Rasanya memang agak sedikit gurih dan pastinya ada aroma kluwaknya. Mirip rasa nasi kuning, cuma saja ini berwarna hitam. Boleh juga nih Sego Ireng, unik. Roti Canai Kari Ayamnya boleh juga. Kari ayamnya gurih dan lezat, enak banget buat cocolan roti canainya.

Yang saya paling suka dari semuanya justru Es Kopi Sisiliana, rasanya benar-benar pas di saya. Rasa kopinya cukup kuat dan bercampur dengan susu yang tidak berlebihan. Enak banget, segar, dan strong. Es Teh Daon Mint juga enak banget, yang ini lebih terasa segar lagi karena ada daun mint.

Sebenarnya maish ingin mencoba yang lainnya tetapi perut kami sudah cukup kenyang, lain kali kami pasti kesini lagi untuk mencoba kopi yang lain. Kelihatannya Roti Bakar juga patut di coba. (Ita)


EditorBenny N Joewono

Close Ads X