Okupansi Hotel di Yogya Naik 95 Persen

Kompas.com - 04/09/2011, 15:08 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat hunian hotel kelas bintang  maupun melati di Daerah Istimewa Yogyakarta pada libur Lebaran 2011 meningkat hingga mencapai 95 persen.

"Sejak H+1 Lebaran tingkat hunian hotel di DIY meningkat hingga mencapai antara 80 sampai 95 persen," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Provinsi DIY Istidjab M Danunagoro di Yogyakarta, Sabtu (3/9/2011).

Ia memperkirakan peningkatan ini akan terjadi hingga H+3, karena masa libur Lebaran tahun ini cukup lama. Sehingga, lanjutnya, banyak para pemudik memanfaatkan momentum idul fitri selain bersilaturahmi, juga untuk berlibur.

"Puncak tingkat hunian hotel kelas bintang selama libur Lebaran cukup tinggi hingga mencapai 95 persen, atau hampir sama dengan tingkat hunian pada periode sama pada Lebaran tahun lalu," katanya.

Istijab mengatakan sebelum Lebaran, yaitu mulai H-7 hingga H-1, tingkat hunian hotel di daerah ini masih antara 50-60 persen. Kemudian meningkat menjadi 73 persen dan H+1 Lebaran meningkat lagi hingga 95 persen. Tingginya tingkat hunian tersebut akan berlangsung hingga H+3 dan akan berangsur menurun mulai H+4 Lebaran.

"Diperkirakan tingkat hunian hotel kelas bintang maupun non-bintang akan kembali ke kondisi normal pada H+7 Lebaran," katanya. Ia mengatakan tarif hotel bintang dan non-bintang di DIY selama libur Lebaran 2011 dengan tarif tanpa ada diskon atau potongan harga.

Bahkan, katanya, diberlakukan tarif tambahan sekitar 10 sampai 15 persen atau antara Rp100.000 hingga Rp300.000 per kamar, tergantung masing-masing hotel. Menurutnya, tamu hotel pada masa libur Lebaran tahun ini masih didominasi wisatawan nusantara dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Sumatera.

"Banyak pemudik pulang kampung ke DIY, dan mereka memilih menginap di hotel. Kami perkirakan tingkat hunian hotel selama Agustus rata-rata 80 persen," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.