Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKSDA Kalteng Segera Benahi Bukit Tangkiling

Kompas.com - 07/09/2011, 14:01 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan segera membenahi Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling pada Oktober 2011.

Di tempat itu masih terdapat beberapa kekurangan seperti tidak adanya petunjuk jalan, tempat sampah, dan informasi tentang keragaman hayati.

Kepala Seksi Wilayah I Palangkaraya, BKSDA Kalteng Gunawan Budi saat dihubungi di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (7/9/2011), mengatakan, pembenahan Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling yang terletak di Palangkaraya, Kalteng sebenarnya sudah direncanakan pada pertengahan tahun 2011.

Akan tetapi, pihak BKSDA Kalteng masih sibuk menanggulangi bahaya kebakaran sehingga pembenahan taman wisata alam itu tertunda. "Pembenahan yang dilakukan antara lain membuat papan petunjuk jalan dan pemasangan nama-nama tumbuhan endemis. Termasuk, nama-nama latin pepohonan," ujar Gunawan.

Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling seluas 533 hektar (ha), berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari pusat Kota Palangkaraya. Keunggulan taman wisata alam tersebut yakni rimbun pepohonan serta panorama indah yang bisa dinikmati dari puncak Bukit Tangkiling.

"Keindahan tempat itu dilengkapi Cagar Alam Bukit Tangkiling di kawasan terpisah dengan luas sekitar 2.100 ha," kata Gunawan. Pembenahan dilakukan agar wisatawan lebih bergairah untuk datang ke Bukit Tangkiling. Saat ini, kunjungan ke tempat tersebut masih perlu ditingkatkan. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bukit Tangkiling hanya sekitar 200 orang per bulan.

"Hanya pada saat hari-hari besar seperti Lebaran, wisatawan membeludak. Jumlahnya bisa mencapai 1.000 orang per hari," tutur Gunawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com