Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

SMP Terbuka Uji Kemampuan Akademik

Kompas.com - 13/09/2011, 08:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) bidang akademik untuk siswa SMP Terbuka kembali digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional (Ditjen Dikdas Kemdiknas). Lomojari ke XVI ini resmi dibuka pada 12 September 2011 dan akan berlangsung sampai 16 September 2011 mendatang.

Untuk penyelenggaraannya, Lomojari akan menggunakan Wiswa PKBI Kebayoran Baru selama babak penyisihan sampai dengan semifinal. Adapun, babak grand final rencananya akan digelar di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional.

Lomojari 2011 diikuti oleh 32 SMP Terbuka dari 32 provinsi. mereka akan diuji dengan 11 mata pelajaran, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Pendidikan Kewarganegaraan (PkN), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Kesenian dan Budaya.

Sebelum mencapai tingkat nasional, para peserta Lomojari harus lolos dari babak penyisihan mulai dari tingkat kabupaten, dan provinsi. Para pemenang pertama di tingkat provinsi akan menjadi wakil di tingkat nasional. Para peserta tergabung dalam satu tim di mana setiap timnya terdiri atas lima anggota, yaitu, tiga siswa SMP Terbuka dan dua guru pendamping.

Direktur Pembinaan SMP Ditjen Dikdas Kemdiknas, Didik Suhardi berharap Lomojari dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa belajar mandiri mampu menampilkan siswa yang berprestasi secara akademik.

"Metode belajar mandiri yang dilakukan baik secara individual maupun kelompok di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) dengan menggunakan modul sebagai sumber belajar utama di bawah asuhan, dan melalui tatap muka di sekolah induk di bawah asuhan guru bina," kata Didik, seusai membuka Lomojari ke XVI, Senin (1e/9/2011) malam, di Jakarta.

Lomojari bidang akademik merupakan ajang tahunan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Terbuka yang ditempuh oleh Direktorat Pembinaan SMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com