Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips "Packing" Praktis

Kompas.com - 13/09/2011, 17:17 WIB

KOMPAS.com — Dalam setiap perjalanan liburan, terlebih saat bepergian dalam jangka waktu yang lama, tentu banyak barang-barang yang dibawa selama berlibur. Agar koper atau tas Anda tidak melebihi kapasitas, tak ada salahnya memilah-milah dan mendahulukan barang mana yang penting untuk dibawa.

Setelah berkemas, terkadang koper atau tas Anda terlihat lebih besar dan membengkak, padahal sudah meminimalkan barang bawaan. Hal ini biasanya terjadi karena salah melakukan packing, yaitu saat meletakkan posisi barang bawaan Anda. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips packing praktis berikut ini.

Pertama, pada saat meletakkan pakaian pada koper atau tas Anda, gulung terlebih dahulu pakaian tersebut. Selain dapat menghemat tempat, pakaian yang digulung juga dapat mengurangi kusut pada baju Anda. Untuk pakaian berbahan kaus yang ringan dan tipis, bisa menggulung sebanyak dua atau tiga potong sekaligus.

Kedua, letakkan barang-barang yang paling berat di bagian paling bawah koper atau tas sehingga beban tidak terlalu berat dan saat dibawa menjadi lebih seimbang. Barulah disusul dengan barang-barang lainnya. Perlu diingat, untuk membawa barang yang bersifat rentan, seperti laptop atau kamera, biasakan masukkan terlebih dahulu ke dalam soft case yang aman. Setelah itu, barulah dimasukkan ke dalam koper atau tas Anda.

Ketiga, jika membawa perlengkapan pribadi Anda, seperti sampo, sabun, handuk, pasta gigi, dan lainnya, pastikan bawa perlengkapan tersebut yang berukuran kecil. Selain dapat menghemat pemakaian, tentunya dapat menghemat tempat dari koper atau tas Anda.

Keempat, sediakan tas plastik untuk menyimpan pakaian kotor agar terpisah dari pakaian bersih Anda. Apalagi jika Anda memilih liburan di daerah pantai, pasti akan ada pakaian basah dan kotor. Oleh karena itu, selalu sediakan tas plastik cadangan.

Kelima, pisahkan barang-barang yang selalu Anda perlukan seperti dompet atau paspor ke dalam tas kecil lain sehingga akan mudah diambil saat dibutuhkan dan tidak perlu membongkar tas yang berisi pakaian dan barang lainnya. Waktu liburan Anda pun tidak tersita oleh hal-hal yang tidak penting.

Keenam, jika membawa sepatu, ganti kotak sepatu dengan cara membungkus sepatu tersebut dengan plastik agar menghemat tempat. Apabila membawa bantal, bawalah bantal tiup yang ringan dan praktis. Pastikan pula pada saat pergi dan pulang berlibur, gunakanlah pakaian yang bebannya berat, seperti jaket dan celana berbahan jeans, sehingga membantu untuk meringankan beban barang bawaan Anda saat bepergian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com