Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawang Sewu, Ikon Baru Kota Semarang

Kompas.com - 15/09/2011, 22:15 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Bangunan kuno yang berada di Kota Semarang hingga kini menjadi daya tarik wisatawan asing maupun domestik. Selain bangunan kuno di Kota Lama Semarang, Bangunan Lawang Sewu dan Kelenteng Sam Poo Kong juga kini menjadi tujuan orang berwisata.  

 

"Lawang Sewu sekarang dengan yang dulu beda. Saat ini Lawang Sewu bukan lagi gedung yang angker. Lebih bersih dan mistisnya tidak terlalu tampak. Gedung ini jadi ikon baru kota Semarang, dan banyak kegiatan digelar di Lawang Sewu," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, Kamis (15/9/2011).  

 

Selain menjadi tempat pameran, menurut Prasetyo, Lawang Sewu juga menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya. Bahkan pada tanggal 27 September mendatang, akan ada pertunjukan musik dalam bentuk Orchestra pimpinan Paulus Surya.  

 

Kegiatan tersebut sekaligus untuk memperingati hari pariwisata sedunia. Kami menjadikan hari pariwisata dunia tersebut untuk mempromosikan Lawang Sewu, ujarnya.   

 

Mengenai Klenteng Sam Poo Kong, menurut Prasetyo, hingga kini tempat yang terkait dengan sejarah Laksamana Cheng Ho yang datang dari China menyebarkan agama Islam di Nusantara, ramai dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Selain menempatkan patung Laksamana Cheng Ho setinggi 12,7 meter, saat ini di kawasan Sam Poo Kong juga masih direvitalisasi.  

 

Tingkat kunjungan ke Sam Poo Kong meningkat. Ternyata kultur China cukup k uat di Jawa. Selama ini ternyata banyak yang belum tahu kalau Cheng Ho menyebarkan agama Islam, paparnya. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com