Istana Versailles, Tempat Ratu Pop Marie Antoinette Berpesta!

Kompas.com - 20/09/2011, 16:04 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Pengagum peninggalan sejarah kebesaran bangsa Perancis yang dapat berkunjung ke Istana Versailles ibarat sebuah impian bagi mereka. Istana Versailles di Paris, Perancis, merupakan istana emas peninggalan abad ke-16 milik Raja Matahari.

Le Château de Versailles pertama kali saya datangin tahun 1995. Lama benar ya? Saya masih berumur belasan tahun namun sudah duduk di bangku universitas. Saat itu, saya mengunjungi Perancis hanya berdua bersama kakak saya.

Untungnya, kami sudah dianggap dewasa dan memang sudah terbiasa dengan perjalanan mengunjungi beberapa negara. Jadi sudah tak terlalu merasa takut terbang karena hanya berdua atau ikutan tur wisata tanpa orang tua.

Pemandu wisata kami berdua saat itu juga bukan orang asing, melainkan mantan pacar alias suami saya sekarang ini. Kami mengunjungi Perancis, selain untuk berkenalan dengan keluarga David alias Kang Dadang, juga sekalian untuk berlibur.

Tentunya saat itu status saya dan suami masih dalam tahap naksir-naksiran, he-he. Jadi belum resmi pacaran. Jikapun kami berdua kenal itu dikarenakan suami saya dulu pernah menjadi anak asuh keluarga kami saat pertukaran pelajar.

Kenangan indah saat pertama kali mengunjungi istana Versaille begitu membekas di hati saya. Istilahnya, mata saya dibuang 'bling-bling', karena bersinar melihat keindahan dan kemegahan bangunan. Belum lagi dekorasi, pahatan ukiran, lukisan hingga tamannya yang sangat luas.

Taman ditata begitu memukau dengan air mancur yang indah menyembur dari hasil kreasi seniman abad itu. Tentu saja saya begitu kagum, pada zaman itu belum menggunakan sistem canggih seperti saat ini. Namun pancuran air yang menari-nari membuat saya terkagum memikirkan kehebatan arsitek di masa itu.

Maka musim panas ini, mengunjungi Istana Versailles masuk dalam daftar liburan keluarga kami di Paris. Versailles terdapat di luar Paris, sekitar 16 kilometer dari kota Paris. Transportasi ke sana selain dengan mobil, bisa juga dengan bus atau kereta, seperti yang kami pilih saat itu karena sangat praktis.

Menyibak keindahan istana yang pada awalnya dibangun atas keinginan Raja Louis ke-13 ini tak bisa dihitung dengan beberapa jam. Namun harus menyisihkan waktu satu hari, bila memang ingin menguak dan menikmatinya.

Memang Raja Louis ke-13 lah yang memulai tahap pembangunan di kota Versailles ini. Tetapi pembesaran istana terjadi secara bertahap, sesuai dengan kepemimpinan saat itu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.