Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maluku Tetap Gelar Pesta Teluk

Kompas.com - 20/09/2011, 20:56 WIB

AMBON, KOMPAS.com--Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Florence Sahusilawane memastikan pihaknya tetap menggelar Pesta Teluk di Ambon, 30 September hingga 1 Oktober 2011.

"Pesta Teluk tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah direncanakan," kata  Sahusilawane saat dihubungi melalui telepon selulernya Selasa.

Menurut dia, konflik antarwarga yang terjadi pada Minggu (11/9) tidak membatalkan kegiatan pariwisata tersebut karena sudah direncanakan jauh sebelumnya.

Selain itu, kata dia,  peserta yang akan terlibat dalam sejumlah perlombaan tidak ada yang mengundurkan diri. "Tidak ada pengaruhnya konflik dengan kegiatan Pesta Teluk, karena hingga hari ini seluruh peserta menyatakan siap mengikuti seluruh perlombaan," ujarnya.

Sedikitnya ada lima jenis lomba akan digelar pada Pesta Teluk itu yakni arumbai manggurebe, renang estafet Poka-Galala, mancing tradisional, dayung perahu tradisional (semang) untuk perempuan dan lomba perahu hias.

"Selain bertujuan mempromosikan potensi pariwisata di Kota Ambon, melalui Pesta Teluk kita ingin menunjukkan bahwa situasi keamanan di daerah ini semakin kondusif," kata Sahusilawane.

Ia mengharapkan kegiatan itu berdampak terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Sahusilwane juga memastikan lima anggota DPRD dari Provinsi Bangka Belitung akan hadir menyaksikan acara tersebut.

"Kami sudah koordinasikan kedatangannya, dan mereka menyatakan akan hadir untuk menyaksikan acara tersebut," katanya.

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu juga dipastikan akan membuka Pesta Teluk tersebut yang rencananya akan ditandai dengan pelepasan peserta lomba Arumbae Manggurebe dari Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe pada 30 September 2011.

"Untuk lokasi pembukaan tetap dilaksanakan di pantai Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, dan berakhir di pasar higienis kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau," kata Sahusilawane.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com