Festival di Takabonerate dan Toraja Kembali Digelar - Kompas.com

Festival di Takabonerate dan Toraja Kembali Digelar

Kompas.com - 23/09/2011, 11:40 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menggelar kembali dua agenda pariwisata tahunan Sulsel, yaitu "Takabonerate Island Expedition III"  dan "Lovely December Toraja" pada 19-21 November 2011.

Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, Takabonerate Island Expedition akan diisi kegiatan lomba rutin seperti memancing internasional, menyelam, lomba foto di bawah air dan lomba renang antar pulau terbuka dengan jarak antara lima hingga enam kilometer.

"Anggaran yang disiapkan tahun ini kurang lebih Rp 2 miliar berasal dari APBN dan APBD Rp 600 juta," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel Syuaib Mallombassi di Makassar, Kamis (22/9/2011).

Peserta kemungkinan mencapai 1.000 orang jika menggunakan KRI Makassar seperti penyelenggaraan dua ekspedisi sebelumnya. Tapi ada juga kapal pesiar yang membawa wisatawan dari Bali dengan rute Bali-Lombok-Takabonerate, jelasnya.

"Penumpang yang ikut kurang lebih 70 orang. Perusahaan kapal pesiar milik Zaenal Thayeb yang menjual paketnya," jelasnya.

Sementara itu, penyelenggaraan Lovely December Toraja tahun ini dianggarkan melalui di antaranya untuk pembangunan salib besar dan sisanya pembenahan kawasan wisata seperti kawasan Rumah Adat Ketekesu, Pemakaman Londa dan lainnya.

"Kami sudah rapat dua kali dengan kabupaten untuk menyusun agenda kegiatannya, mulai bulan ini sudah ada kegiatan di sana," ujarnya.

Pihaknya selama ini juga selalu melakukan promosi kegiatan di luar provinsi dan luar negeri berbagai materi promosi. Hingga semester pertama 2011, katanya, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Sulsel telah mencapai 47 ribu orang.

Sementara itu, Syuaib mengatakan para pengusaha perjalanan wisata dari berbagai negara akan datang untuk melihat potensi wisata alam di Indonesia. Mereka akan mengemasnya menjadi paket-paket perjalanan wisata.

Para pengusaha itu akan hadir dalam pertemuan "Eco Tourism Informal Forum" di Makassar, 5 Oktober 2011. Pihaknya akan menjamu sekitar 100 peserta yang berasal dari sembilan negara.

Syuaib menjelaskan bahwa forum tersebut merupakan pertemuan antara pengusaha perjalanan wisata, di antaranya berasal dari Amerika, China dan beberapa negara Eropa.

Sulsel akan memanfaatkan forum ini untuk memperkenalkan potensi kawasan wisata alam di tiga kabupaten yakni Maros dengan kawasan wisata Bantimurung dan Hutan Pendidikan Bengo-Bengo kemudian Kabupaten Sinjai dan Soppeng.

Para peserta forum tersebut akan berkeliling ke sejumlah kawasan wisata alam di tiga kabupaten tersebut selama empat hari. Syuaib menambahkan kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh APBN dan dilaksanakan oleh penyelenggara acara profesional.    


Editorkadek

Close Ads X